Daya Ingat Bisa Menurun Karena Smartphone? Belum Tentu, Ini Penjelasan yang Sebenarnya

0
338
Daya Ingat Smartphone
Copyright©pxhere

Remaja Akan Aman Menggunakan Smartphone Jika Terapkan Hal Ini

Smeaker.com – Saat ini perangkat Smartphone memang sangat bermanfaat sekali bagi banyak kalangan, lantaran memang manfaatnya yang cukup banyak. Akan tetapi justru perangkat ini juga menjadi perhatian khusus sebab kalangan anak danr remaja juga menggunakannya. Lalu, bagaimana efeknya?

Berdasarkan studi dari Enviromental Health Perspective telah menyebutkan memang ada hubungannya antara Smartphone dengan penurunan daya ingat para remaja. Memang hasilnya juga cukup mengkhawatirkan, akan tetapi tidak seburuk apa yang telah dipikirkan para orang tua selama ini.

Simak Nih: Perbandingan Xiaomi Mi A1 dan Mi A2, Smartphone Android One Murah dari Xiaomi

Penelitian ini telah menyebutkan dari penelitian penggunaan Smartphone selama setahun, otak remaja dapat terpengaruh lantaran paparan radiasi ketika menerima panggilan telepon. Dalam penelitian ini telah melibatkan 700 remaja yang berada di rentan usia 12-17 tahun, dan disini juga melakukan tes verbal dan figural/gambar setelah menjalani tes penggunaan Smartphone selama setahun.

Telepon
Copyright©marketingdlaludzi

Dan hasilnya adalah skor daya ingat figural seperti produk, benda, gambar, wajah mereka rendah selama setahun terkontaminasi dengan radiasi ponsel (Radio Frequency Electromagnetic Radiation/RF-EMR). Untuk radiasi ini terpancarkan selama proses panggilan telepon berlangsung saja.

Ketahui Yuk: Cara Mengatur Bluelight di Smartphone

Peneliti tersebut menyebutkan kalau memang pengguna biasanya sering menggunakan tangan kanan ketika menerima telepon dan meletakkannya di telinga kanan. Sedangkan memori figural juga terletak di otak bagian kanan, sehingga ini juga cukup wajar terjadi.

Disisi lain, peneliti tidak dapat menjumpai masalah yang serius pada memori verbal. Perlu diketahui bahwa penelitian ini dilakukan ketika pengguna meletakkannya langsung di telinga, alias tanpa gunakan perangkat wireless seperti headphone, earphone dan semacamnya.

Nah, bagi remaja yang menggunakan Smartphone hanya untuk bermain game, chatting, dan browsing saja, tidak menemukan permasalahan serius sebab peneliti ini juga tidak menemukan adanya paparan radiasi RF-EMF terhadap otak.

Dalam kesimpulannya yang diungkap, untuk meminimalisir dampak buruk dari radiasi ini kepada otak remaja yakni pengguna dapat loudspeaker saja ketika menerima telepon, atau mungkin juga bisa menggunakan perangkat wireless seperti headphone, headset atau mungkin yang lain. Hal ini bertujuan agar perangkat tidak terlalu dekat dengan otak.

baca juga: cara kurangi radiasi ketika menelepon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here