Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Berhenti di Android

0
1684
Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Berhenti di Android
Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Berhenti di Android Copyright©JalanTikus

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android

Smeaker.com Punya Smartphone idaman memang merupakan sebuah kebanggan, pastinya di dalam smartphone tersebut dipasangi berbagai aplikasi yang berguna untuk memudahkan penggunanya.

Baca Juga: Cara Download Video di WhatsApp Status Story

Namun demikian, tidak semua aplikasi tersebut bisa dijalankan dengan mulus, salah satunya adalah aplikasi dimana berhenti secara tiba-tiba dengan memberikan notifikasi bahwa “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”.

Jangan khawatir, hal ini bisa terjadi lantaran berbagai sebab, diantaranya adalah karena RAM yang sudah penuh, RAM disini sangat memegang peranan penting diman dirinya merupakan salah satu komponen yang begitu diandalkan, jadi jangan sampai kebanyakan Background aplikasi ya.

Penyebab selanjutnya adalah karena mungkin file cache aplikasi tersebut sudah menumpuk terlalu banyak, jadi coba sesekali cek apakah file cache tersebut menumpuk ataukah tidak. Kemudian kemungkinan lainnya yakni aplikasi tersebut tidak kompatibel.

Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Berhenti di Android Copyright©JalanTikus
Cara Mengatasi Aplikasi Tiba Tiba Berhenti di Android Copyright©JalanTikus

Usai mengetahui penyebabnya tersebut, lantas kita bisa mengambil tindakan untuk mengatasi aplikasi tiba-tiba berhenti tersebut.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android, Tanpa PC

Pertama hal yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di Background, seperti yang dibahas dalam penyebab sebelumnya, Cara ini adalah yang cukup ampuh, dimana nantinya aplikasi yang masih berjalan tapi tidak digunakan akan dihentikan dan RAM akan kembali menjadi lebih lega.

Kedua yakni dengan menghapus cache Aplikasi, Caranya mudah sekali yakni masuk ke Pengaturan, Aplikasi dan Notifikasi kemudian pilih aplikasi yang akan dibersihkan, kemudian klik Clear Cache.

Ketiga, Jika cara pertama dan kedua tidak menemui hasil, Cara yang terakhi adalah dengan merestrat Smartphone anda. Dengan cara ini, smartphone Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi fresh seperti keadaan semula. Jika kamu masih belum yakin, kamu tinggal menonaktifkan smartphone selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here