Cara Amankan Kartu SIM Agar Tidak Dikloning

0
828
Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar
Copyright©technookezone

Cara Amankan Kartu SIM

Smeaker.com – Beredarnya Kartu SIM yang rentan dengan cloning di Indonesia memicu kekhawatiran tersendiri bagi pengguna seluler.

Baca Juga: Berisiko Tinggi, Begini Cara Aman Pakai Smartphone di Malam Hari

Pengamat kemanan dari vaksincom Alfons Tanujaya mengungkap bahwa ada sejumlah cara untuk memastikan bahwa nomor SIM tidak dikloning oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada tiga tips yang dibagikan oleh Alfons untuk mengetahui apakah nomor and jadi korban cloning atau tidak.

  • Hubungi Nomor Ponsel Telepon lain

Jika ada orang lain yang mengangkat panggilan tersebut, maka kartu SIM anda telah dikloning.

  • Cek Log telepon dan SMS

Pastikanlah tidak ada aktivitas catatan telepon dan SMS yang tidak pernah anda lakukan. Jika ada SMS dan teleponyang tidak dilakukan, besar kemungkinannya nomor anda telah dikloning.

Baca Juga: Tips Smartphone Ngebut Saat Main Game PUBG Mobile

  • Pastikan Ponsel bisa dijangkau

Apabila Nomor sulit terhubung ke operator dan sulit digunkan meskipun sinyal baik maka kemungkinan kartu SIM anda telah dikloning.

Untuk menghindari pengkloningan kartu SIM, Alfons mengimbau masyarakat untuk mengganti kartu SIM lama dengan kartu SIM tipe baru yang lebih aman dan sulit untuk dikloning. Kartu tipe lama, Comp128v1 diproduksi Juni 2012 dan biasanya belum mengakomodir teknologi 4G/ LTE.

Lebih lanjut, dirinya juga mengingatkan untuk tidak meminjamkan ponsel maupun kartu SIM kepada orang yang tidak dikenal. Disamping itu bisa segera melakukan pengecekan pada operator apabila ada tanda seperti yang disebutkan diatas.

“Kalau sudah curiga, langsung ke operator untuk dicek, dan sebaiknya ganti kartu versi baru,” ucapnya kepada CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Smartphone Rp 2 Jutaan yang Cocok Untuk Main PUBG Mobile

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here