Sirani, Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market di Indonesia

0
295
Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market
Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market Copyright©Kompas

Aplikasi Pendeteksi Ponsel Black Market

Smeaker.com – Ketika sedang membeli ponsel, ada kekhawatiran mengenai ponsel yang dibeli termasuk dalam kategori resm ataukah tidak. Pasalnya saat ini banyak sekali penjual nakal yang memasarkan barang tidak resmi atau yang biasa dikenal dengan sebutan Black Market di Indonesia.

Baca Juga: Trik Canggih WhatsApp Web yang Harus Kamu Ketahui

Persoalan ini nampaknya ingin diatasi langsung oleh pemerintah. Kali ini Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis aplikasi yang dapat melakukan cek terhadap sertfikasi sebuah ponsel. Dengan aplikasi ini penggua bisa melihat apakah ponsel miliknya tersebut masuk melalui jalur resmi ataukah tidak.

Dikutip dari KompasTekno dari halaman resmi Kominfo Minggu 15 Juli 2018, aplikasi tersebut bernama Sirani. Aplikasi ini sebenarnya diluncurkan guna mendukung perizinan online terpadu yang diresmikan pemerintah beberapa waktu lalu.

Lewat aplikasi ini, masyarakat bisa mengakses terhadap informasi mengenai daftar sertifikat, Informasi sertifikasi balai uji dan tariff sertifikasi perangkat telekomunikasi.

“Aplikasi Sirani bisa diunduh oleh masyarakat melalui toko aplikasi Google Play Store. Pengguna dapat mengakses semua informasi mengenai sertifikasi alat atau perangkat telekomunikasi dari smartphone maupun perangkat mobile Android lainnya,” ungkap Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI, Mochamad Hadiyana.

Baca Juga: Rahasia Kamera Tersembunyi di Oppo Find X

Untuk saat ini, aplikasi Sirani baru tersedia hanya untuk pengguna ponsel Android. Sementara untuk pengguna iOS (iPhone/iPad) sepertinya masih harus menunggu. Kominfo pun tak menjelaskan lebih lanjut apakah aplikasi ini akan segera hadir di iOS atau tidak.

Selain itu, Kominfo pun menegaskan akan terus berupaya untuk menumbuhkan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam negeri. Salah satu upayanya adalah dengan membuat kebijakan importasi komponen produksi serta beberapa insentif yang dapat mendorong investor asing membangun fasilitas di Indonesia.

Baca Juga: iPhone Kembali Meledak, Remaja Kena Luka Bakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here