Ternyata Orang Indonesia Cuma Tahan Hidup 7 Menit Tanpa Smartphone ?

0
295
[email protected]

Ternyata Orang Indonesia Cuma Tahan Hidup 7 Menit Tanpa Smartphone ?

Smeaker.com – Eskpansi smartphone di Indonesia sekarangsudah mempengaruhi pola komunikasi masyarakat. Adapun Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Niken Widiastuti yang menyatakan eslaupun 60 persen masyarakat Indonesia tak memiliki akun rekening, 85 persen masyarakat justru mempunya ponsel.

Baca Juga : Akuisisi Majalah Digital, Untuk Kembangkan Apple News Apps?

Yang mengejutkan, rata-rata masyarakat Indonesia ternyata cuma bisa hidup tanpa ponsel 7 menit,” ucap Niken, di acara Trusted Media Summit 2018 beberapa waktu lalu. Berdasarkan data yang dipunyai, dalam sehari, akses masyarakat Indonesia melalui smartphone mencapai delan hingga 11 jam. Menurut Niken, dimana kondisi tersebut yang berbanding terbalik dengan akses masyarakat terhadap buku.

[email protected]

Melansir data UNESCO, minat baca bagi masyarakat Indonesia yang berada di posisi 60 dan 61 negara. “Negara di bawah Indonesia yaitu Botswana,” pungkas dia. Rendahnya akan minat baca terhadap masyarakat Indonesia, hal tersebut dapat dilihat dari waktu membaca buku pertahun. Dalam setahun, rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca 27 halaman buku.

“Adapun waktu membaca koran yang hanya 12 hingga 15 menit per hari” imbuhnya. Pentingnya literasi itu perlu demi meningkatkan wacana bahaya berita hoaks dalam masyarakat. Tak hanya itu, Niken juga memberikan apresiasi terhadap kolaborasi antara Google, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), dan Asosiasi Jurnalis Independen (AJI) yang sukses membuat alat verifikasi hoaks bertajuk Cekfakta.com.

Baca Juga : Good News! Google Maps Bisa Untuk Membaca Status Baterai Teman Lho!

Niken yang berhadap nantinya juga mampu memegang lima prinsip media sosial. “Tanggung jawab, empati, otentik, kearifan, dan integritas,” ucap dia. Salah satu poin yang menarik dalam survei yakni durasi penggunaan internet di Tanah Air. Berdasarkan survei, dalam semingu ternyata kebanyakan pengguna selalu mengakses internet setiap hari.

Jumlah tersebut yang jauh melampui pengguna yang mengakses internet beberapa hari saja. Bagi pengguna yang mengakses 0 hingga 1 hari ada 10,46 persen, sementara yang mengakses internet dari 1 hingga 3 hari ada 13,90 persen. Untuk yang terakhir, bagi pengguna yang mengakses 4-6 hari mencapai 9.66 persen.

Baca Juga :  Google News Bakal Lebih Canggih, Tak Akan Ada Lagi Berita Hoax Berhamburan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here