Waspada, Lindungi Si Kecil pada Aplikasi Tik Tok dan Musical.ly ?

0
489
[email protected]

Hati-hati, Pemangsa Si Kecil pada Aplikasi Tik Tok dan Musical.ly ?

Smeaker.com – Sebuah aplikasi iPhone yang tengah populer saat ini, yakni Tik Tok, dimana aplikasi tersebut yang telah mendapat kecaman dari para ahli keamanan siber sebab kurang adanya perlindungan pengguna terhadap pengaturan privasi ketimbang dengan platform saingan, misalnya Instagram dan juga Facebook.

Baca Juga : Mudik Makin Seru, Ditemani dengan 5 Aplikasi Android Offline terbaik ini ! Simak ya…

Bahkan, penelitian oleh South China Morning Post (SCMP) yang telah menemukan adanya ratusan anak-anak di Hong Kong dengan berusia sembilan tahun yang telah mengungkap identitas mereka melalui platform ini. Tak hanya aplikasi Tik Tok saja, ada juga aplikasi Musical,ly, dimana aplikasi tersebut yang telah mengakibatkan kekhawatiran di Amerika Serikat dan Australia atas kegagalannya untuk melindungi anak-anak dari tindak pelecehan.

[email protected]

Saya pikir aplikasi ini sangat buruk dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna anak dibandingkan dengan platform utama lainnya,” kata Konsul Federasi Teknologi Informasi Hong Kong Eric Fan Kin-man setelah menguji aplikasi tersebut kepada SCMP akhir Mei lalu. “Tampaknya tidak ada penyaringan untuk pengguna di bawah umur karena delapan dari 10 video selfie yang baru, saya lihat jelas oleh anak-anak.”

Baca Juga : 5 Aplikasi yang Cocok Buat Nemenin Kamu Ngabuburit, Mana Favorit Kamu ?

Baik itu Tik Tok dan Musical.ly yang memungkinkan bagi pengguna untuk membuat video musik dengan durasi pendek sembari menyelaraskan bibir, yang dipunyai oleh perusahaan asal Cina Bytedance. Perlu diketahui, perusahaan tersebut yang didirikan pada tahun 2012, Bytedance merupakan salah satu start up teknologi yang paling cepat berkembang di Cina dan dikenal

Sebab dengan penggunaan algoritma serta kecerdasan buatan untuk memilih video, berita dan juga konten lain bagi pembaca. Berdasarkan Tik Tok, apliaksi tersebut yang ditujukan untuk pengguna bukan dibawah 16 tahun, sehingga perusahaan yang bakal menghentikan akun jika ketahuan. Tetapi CSMP yang sebelumnya telah menjelaskan jika informasi proibadi dari ratusan pengguna anak yang tengah diekspos secara terang-terangan di platform ini.

Dimana video selfie yang mengandung tindakan yang menjurus ke aras dewasa yang ditemukan di aplikasi ini, sehingga banyak yang orang dewasa yang memakai platform ini untuk menguntit gadis remaja.

Baca Juga : 5 Aplikasi Android ini Bisa Ubah Smartphone Jadi Asisten Pribadi Lho ! Seperti Jarvis…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here