Anti Skimming, Ini Dia Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM

0
2575
copyright©delijou

Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM

Smeaker.com – Belakangan ini banyak kejadian yang menyerang keamanan data ATM serta akun nasabah. Sebelumnya perlu diketahui bahwa Skimming sendiri merupakan sebuah pencurian informasi seperti nomor PIN dan akun nasabah bank. Pada umumnya, pelaku skimming ATM ini sendiri telah meletakkan sebuah perangkat di dekat slot keluar-masuk ATM untuk bisa membaca garis magnetik dan nomor akun.

Bukan hanya itu, terkadang juga terdapar sebuah kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN. Modus ini memang sudah dipakai sejak beberapa tahun lalu, hanya saja teknologi yang digunakan sekarang ini menjadi semakin canggih. Pastinya modus ini berbahaya bukan? Nah, tapi jangan khawatir, karena anda bisa hindari modus semacam ini dengan Tips Agar Terhindar dari Pencurian Data ATM di bawah ini.

Baca Juga : Begini Nih Cara Cek Data Ponsel yang Diambil Facebook

Tips Agar Terhindar dari Pencurian Data ATM

  • Pertama-tama, anda bisa memeriksa keadaam ATM. Sebagai langkah awal pastikan slot untuk keluar-masuk kartu ATM asli dan bukan tempelan.
  • Untuk menghindari pencurian, sebaiknya anda mengganti PIN ATM secara berkala alias secara teratur. Pasalnya hal ini penting dilakukan agar ketika nomor PIN terlanjur terlacak alat skimming, PIN sudah kadaluarsa, sehingga pencuri tidak bisa mengambil data ATM anda.
copyright©malangtoday
  • Sebaiknya, anda juga periksa saldo rekening secara teratur. Karena jika sering ada transaksi, maka tidak ada salahnya jika sering mengecek saldo dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeteksi ketika ada transaksi menjanggal atau transaksi yang tidak anda lakukan.
  • Anda juga harus perhatikan card reader, pastikan memiliki desain yang cekung dan tidak terdapat goresan, longgar atau bengkok.
  • Untuk menghindari pencurian ini, anda juga perlu mengamankan bukti transaksi. Dengan menyimpan atau musnahkan struk, dan jangan sekali-kali anda membuangnya di sembarangan tempat.
copyright©palingseru

Nah, itulah Tips Agar Terhindar dari Pencurian data ATM yang mungkin bisa anda jalankan. Lakukan langkah-langkah tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan yang tentunya akan menyerang isi ATM kita. Lindungilah data ATM anda sebelum terlanjur dicuri oleh orang lain. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Hebat! Aplikasi Ini Dapat Ubah Ponsel Kalian Menjadi Sistem Keamanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here