Oh Ternyata, Ini Nih Data yang Dicomot Google dari Kita Setiap Saat

0
1196
Google Search
Copyright©ist

Tanpa Disadari, Berikut 10 Data yang Diambil Goolge dari Kita Setiap Saat

Smeaker.com – Belakangan ini banyak yang membicarakan kasus bocornya data pada 50 juta pengguna Facebook membuat masyarakat jagat raya mempertanyakan keamanan data mereka di internet. Masalahnya banyak informasi dan data yang dapat dicomot seseorang melalui sejarah yang ditinggalkan pengguna di rana maya.

Namun, perlu diketahui selain Facebook ternyata ada perusahaan lain yang mengumpulkan informasi kita tanpa diketahui, yakni perusahaan mesin pencari raksasa, Google. Tak ragu-ragu, The Guardian telah mengungkapkan bahwa mesin pencari raksasa ini ternyata menyimpan puluhan data penting pengguna layanannya. Lebih jelasnya, simak nih 10 Data yang Dicomot Google dari kita.

Baca Juga : April Mop! Google Kembali Berikan Kejutan Berupa Game Where’s Waldo di Google Maps

  • Sejarah Pencarian
copyright©Pureinfotecs

Mesin pencari raksasa ini telah menyimpan semua histori pencarian seluruh perangkat anda, dan juga akan merekam seluruh sejarah pencarian anda tanpa terkecuali. Untuk melihatnya dan ingin menghapusnya maka lihat disini https://myactivity.google.com/myactivity.

  • Menampilkan iklan melalui Data

Data anda akan dikumpulkan untuk digunakan menampilkan iklan yang cocok bagi anda ketika seseorang masuk ke situs tertentu.

  • Menyimpan aplikasi yang Anda gunakan

Ketika anda memasang aplikasi tertentu dalam perangkat, maka data tersebut akan disimpan untuk memberikan rekomendasi aplikasi terbaik untuk anda ketika masuk Play Store.

Baca Juga : Horee,, Google Tambahkan Dukungan 38 Bahasa untuk Aplikasi Google Maps, Bahasa Apa Saja?

  • Menyimpan tontonan Youtube Anda
copyright©expertreview

Segala judul video yang anda tonton juga akan disimpan, karena mereka membutuhkan data tersebut untuk menampilkan video yang pas untuk penggunanya.

  • Mengetahui Lokasi Anda

Perusahaan ini juga akan menyumpan lokasi anda sejak pertama kali memakai platformnya di smartphone. Hal ini bisa saja terjadi ketika anda menyalahgunakan fitur Location History di perangkat Anda.

  • Data yang Anda Hapus Tetap Tersimpan

Ketika anda menghapus file di Google Drive, ternyata tak sepenuhnya informasi tersebut hilang, karena perusahaan ini telah menyimpan informasi tersebut.

  • Mengetahui semua acara yang anda hadiri

Data yang ada dalam Google Calender ternyata juga bisa dibaca dan disimpan oleh mereka loh! Sehingga mereka mengetahui jadwal acara anda.

Baca Juga : Just A Line, Aplikasi Baru Dari Google, Fungsinya Apa ya?

  • Jadwal Olahraga

Jika anda menggunakan fitur Google Fit, maka data kegiatan anda ketika berolahraga akan disimpan olehnya.

  • Foto Pengguna

Bukan hanya data, melainkan foto, apalagi anda menggunakan Google Photo, maka kemungkinan besar akan mengetahui bagaimana tampang anda. Terlebih sekarang teknologi AI mampu mengenali wajah dari foto.

  • Segala Percakapan Email’
copyright©jagoanhosting

Yang terakhir yakni akan menyimpan percakapan Email dari akun Gmail Anda, mulai dari pesan masuk, keluar, iklan dan juga spam.

Nah, itulah ke-10 data yang dicomot Google setiap saat, tanpa kita ketahui dan sadari. Ngeri bukan? Untuk itu, gunakan kecanggihan teknologi dengan baik dan lebih berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi anda ke dunia maya.

Baca Juga : Mudah Banget! Ini Dia Cara Pakai Rute Khusus Motor di Google Maps

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here