Awas Bahaya! Jangan Pernah Ikutan Kuis Facebook, Begini Alasanya!

0
491
Cara Hilangkan Status Alay Teman di Facebook B
copyright©Kompas

Berikut 5 Alasan Jangan Pernah Ikutan Kuis Facebook

Smeaker.comFacebook merupakan social media yang dikenal memiliki lebih dari 2.2 miliar pengguna di seluruh jagat raya. Platform ini juga menawarkan berbagai macam fitur hiburan dan salah satunya adanya melalui kuis. Namun, tampaknya anda nggak perlu mengikuti kuis lucu-lucuan tersebut. Alasannya?

Ya, mungkin anda akan bertanya-tanya kenapa? Ada apa dengan kuis tersebut? Nah, perlu diketahui bahwa Kuis Facebook yang dimaksud seperti Testony, VonVon, NameTests dan semacamnya, dibalik keseruan yang diberikan ternyata terdapat 5 alasan kenapa anda nggak perlu mengikuti kuis tersebut.

Baca Juga : Ternyata Facebook Telah Melacak Riwayat Call dan SMS

  • Memberikan Data Pada Orang Tak Dikenal
copyright©thehackernews.com

Secara tidak sadar dengan mengikuti kuis seperti ini, anda akan memberikan data pribadi anda kepada orang atau pihak yang tidak dikenal. Terlebih kuis ini meminta anda untuk login dengan memberikan username beserta password. Dan kemungkinan jika anda tidak teliti dalam membaca syarat dan ketentuan ketika pendaftaran, bisa saja informasi pribadi anda akan diambil. Ngeri bukan?

  • Data Anda Akan Dicuri
copyright©thenextweb.com

Bukan hanya memberikan data kepada pihak yang tidak dikenal, data milik anda juga kemungkinan besar akan dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan membobol akun ada hingga penjualan data di pasar gelap.

Baca Juga : Udah Bosan? Begini Cara Hapus Facebook Permanen dengan Mudah

  • Penjualan Data di Pasar Gelap
copyright©bizprospex.com

Tak disangka, data pribadi di internet bisa dimanfaatkan oleh seorang pemasar online, data pribadi seperti email pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Sehingga jangan heran jika anda sering memainkan Kuis Facebook tersebut akan rawan banget menerima email yang nggak jelas pengirimnya.

  • Ancaman Penipuan
copyright©inc.com

Tindakan penipuan yang dimaksudkan ini bisa berupa adware maupun phising berbahaya, sehingga anda harus berhati-hati dengan keamanan data perbankan seperti kartu kredit yang telah dibagikan di dunia maya.

  • Akan Tersebar ke Teman Lain
copyright©snapapp.com

Bagi anda mungkin kurang seru jika setelah main tidak membagikannya di timeline sosmed. Tapi sebenarnya jangan sih! Karena hal ini justru bisa menambah jumlah korban dari kui tersebut dan berujung penipuan. Dan bagi anda yang terlanjur mengikutinya sebaiknya lebih waspada ketika bermain di sosmed.

Itulah 5 Alasan Mengapa anda tidak perlu mengikuti Kuis Facebook yang lucu-lucuan tersebut. Dan jika pernah melakukannya, lain kali bisa anda hindari agar tidak terjebak dengan kuis penipuan dan bahaya. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Tanpa Menghapusnya, Begini Cara Selamatkan Data Facebook Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here