Ternyata Facebook Telah Melacak Riwayat Call dan SMS

0
4346
FB
Copyright©valuewalk

Facebook Gunakan Kontak Untuk Algoritma Saran Teman

Smeaker.com – Belakangan ini terdengar kabar bahwa jejaring social terbesar FB sempat diejek, Pasalnya telah melanggar keputusan persetujuan yang mencegahnya untuk memberikan informasi tentang pelanggan tanpa izin mereka. Mark Zuckerberg merupakan seorang pendiri dan CEO Facebook alias FB yang tampaknya harus menjelaskan terkait hal ini.

Namun, kini terdengar kabar baru lagi yang menyatakan bahwa seorang pria di Selandia Baru telah menemukan hal yang cukup mengejutkan ketika sedang mencari data kontaknya. Dan ternyata FB telah melacak panggilan telepon selama dua tahun yang dilakukan dari smartphone Androidnya. Perlu diketahui bahwa data yang dimasukkan dalam daftar bukan hanya mengungkapkan panggilan keluar, melainkan panggilan tak tertajwab, nama orang yang dihubungi, durasi panggilan dan bahkan tanggal serta waktu panggilan juga.

Bahkan pengguna lain bisa menemukan hal yang serupa ketika mereka meminta arsip file zip dari informasi yang dikumpulkan oleh Facebook selama bertahun-tahun. Hal ini juga seperti yang telah dilansir dari Arstechnica pada (25/03/2018) kemarin, seorang juru bicara perusahaan telah mengatakan bahwa itu merupakan praktik umum untuk aplikasi olah pesan atau media social untuk mengunggah kontak telepon ketika pertama kalinya pengguna masuk ke situs semacam itu.

Baca Juga : Tanpa Menghapusnya, Begini Cara Selamatkan Data Facebook Anda

Hal ini dilakukan juga untuk mempermudah pengguna dalam menghubungi orang yang pernah dihubungi. Juru bicara tersebut juga menyampaikan bahwa pengunggahan kontak merupakan opsional meskipun menginstall FB memang mengharuskan oengguna memberikan izin kepada aplikasi, sehingga bisa mengakses kontak pengguna.

copyright©Twitter/dylanmckaynz

Facebook juga mengatakan bahwa kontak pengguna digunakan untuk algoritma saran teman, jadi ketika pengguna telah menyetujuinya untuk mengizinkan FB mengakses daftar kontak pengguna sebelum Android 4.1, berarti pengguna telah memberikan izin perusahaan untuk melihat log panggilan dan teks anda secara default.

Namun, praktik ini akhirnya telah dihapus dengan versi 16 API Android, namun meskipun begitu, FB masih mengakses ponsel serta catatan SMS dengan mengutip versi Android SDK sebelumnya. Namun, pelacakan panggilan telepon tampaknya telah berakhir pada akhir 2017.  Dan mungkin anda ingin meminta arsip FB anda bisa lakukan dengan membuka browser desktop dan buka akun anda.

Kemudian, anda bisa tekan pada segitiga terbalik di bagian atas halaman FB dan klik pengaturan lalu unduh salinan data FB anda serta mulai arsip saya. Dan pastikan anda bersiap-siap terkejut sebelum anda membuka email dari FB yang berisi arsip anda.

Baca Juga : Udah Bosan? Begini Cara Hapus Facebook Permanen dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here