Apple Akan Rilis 13 Jenis Emoji Mewakili Penyandang Disabilitas, Seperti Apa?

0
478
Copyright ©Apple

13 Emoji yang Akan Dirilis Apple Untuk Mewakili Penyandang Disabilitas Miliki Empat Kategori

Smeaker.com – Setelah Apple mengajukan paten emoji yang berjenis 13 emoji untuk mewakili para penyandang Disabilitas ke perusahaan pembuat emoji, Unicode Consortium, emoji ini telah mendapatkan persetujuan. Apa saja emoji yang dimaksudkan?

Emoji baru ini akan ditampilkan berupa gambar anjing pemandu, alat bantu dengar, orang yang menggunakan tongkat dan kursi roda, serta anggota badan palsu. Dalam proposal, Apple juga mengatakan bahwa saat ini emoji menyediakan banyak opsi tetapi belum ada yang mempresentasikan penyandang disabilitas, diversifikasi ketersediaan opsi akan memperkecil perbedaan tersebut dan memberikan pengalaman eksklusif bagi semua orang.

Baca Juga : Akuisisi Majalah Digital, Untuk Kembangkan Apple News Apps?

Dan pihaknya juga akan berusaha untuk memilih opsi paling umum dalam empat kategori mengingat perlunya emoji berasal dari fakta bahwa satu dari tujuh orang di seluruh dunia memiliki beberapa bentuk kecacatan, seperti tunanetra, tunarungu, tunadaksa dan penyandang disabilitas tersembunyi.

copyright©twitter

Akan tetapi, perusahaan pembuat emoji sendiri telah memastikan bahwa tidak semua bentuk kecacatan akan diwakili oleh emoji baru, namun ini akan menjadi titik awal yang tidak menutup kemungkinan ke depannya aka nada emoji lain untuk penyandang disabilitas yang akan diajukan. Dan emoji baru ini memfokuskan empat kategori tadi seperti buta dan kesulitan melihat, tuli atau masalah pendengaran, motoric fisik dan disabilitas tersembunyi.

Dengan demikian, dengan adanya emoji baru ini akan lebih mampu mengekspresikan semua pengguna gadget, termasuk penyandang disabilitas. Dan untuk memastikan 13 emoji baru ini bisa mewakili sebanyak mungkin penyandang disabilitas, maka Apple telah berkolaborasi atau bekerja sama dengan beberapa organisasi termasuk American Council of the Blind, Cerebral Palsy Foundation dan National Association of the Deaf.

Jika Apple sendiri mendapatkan persetujuan kerjasama tersebut, maka emoji untuk membantu penyandang disabilitas mengekspresikan diri ini akan dirilis pada tahun 2019. Unicode sendiri juga akan merilis panduan pembuat software seperti Apple dan Google untuk membuat emoji versi mereka, pasalnya sebuah emoji bisa terlihat berbeda ketika berada di platform Android dan iOS.

Baca Juga : Ini Dia Strategi Advan Demi Jadi “Apple n Samsung-nya” Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here