Waspada! Ini Nih 5 Tanda Smartphone Anda sedang Diretas

0
657
copyright©Shutterstock

Berikut 5 Tanda Smartphone Anda sedang Diretas Orang Lain

Smeaker.com – Seiring berjalannya waktu yang semakin hari teknologi semakin canggih dan koneksi internet yang semakin mudah untuk diakses, bahkan untuk mengubah gaya hidup masyarakat di beberapa Negara lebih mobile. Melalui sebuah smartphone, pengguna juga bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari interaksi perbankan, kirim email, update status di medsos hingga menyimpan berbagai data penting sekalipun.

Namun, ketika anda berfikir bahwa dengan menyimpan data penting di ponsel, maka anda salah besar. Karena setiap ponsel memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan tangan-tangan jahil. Sekarang pun juga banyak kasus mengenai peretasan ponsel yang beredar. Lantas, gimana kalau ternyata ponsel kita juga sedang diretas? Nah, untuk mengetahuinya, sebaiknya anda simak nih 5 Tanda Smartphone anda sedang diretas oleh orang lain di bawah ini.

Baca Juga : 5 Tips Hemat Kuota 4G di Smartphone yang Ampuh Banget

5 Tanda Smartphone Anda Sedang Diretas Oleh Orang lain

  1. Baterai Ponsel Mendadak Berkurang Drastis
Copyright©istock

Setiap ponsel memiliki kapasitas baterai yang berbeda, dan anda tentu sudah hafal berapa lama waktu pemakaian normal hingga baterai benar-benar habis. Tetapi jika baterai mendadak habis drastic padahal pemakaian seperti biasa, maka anda perlu berwaspada karena bisa saja aplikasi yang tak dikenal dan berisikan malware sedang berjalan di background. Dengan adanya malware ini bisa mencuri data dari ponsel anda. Ih ngeri kan?

  1. Suhu ponsel Mendadak Panas
Copyright©cnet

Ketika ponsel anda berada dalam keadaan panas yang tiba-tiba, maka segera cek aplikasi apa saja yang sedang berjalan melalui Settings> Developer options> Running services. Jika anda telah menemukan aplikasi yang teka dikenal. Maka segera hapus aplikasi tersebut dan jangan sesekali anda memasang aplikasi dari sumber tak terpercaya.

Baca Juga : Cara Membuat Komik Online Sendiri Menggunakan Smartphone dengan Mudah

  1. WiFi Aktif Sendiri
Copyright©ariesetiadi

Dengan aktifnya koneksi Wi-Fi, padahal anda tidak mengkatifkannya, maka anda patut berwaspada karena bisa saja hal ini tanda penyadapan melalui koneksi Wifi di tempat umum. Karena para peretas akan dengan mudah untuk menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang diinginkan.

  1. Terdengar Suara Orang lain Ketika Melakukan Panggilan
Copyright©merdeka

Salah satu tanda bahwa ponsel anda sedang diretas adalah dengan munculnya suara berisik dan aneh ketika anda melakukan panggilan telepon. Sehingga anda patut berwaspada apalagi jika lawan bicara anda merasa suara panggilan normal.

  1. Borosnya kuota Internet
Copyright©jalantikus

Bukan hanya baterai yang habis mendadak, tetapi dengan borosnya kuota internet dengan tiba-tiba juga menjadi salah satu tanda bahwa ponsel anda sedang diretas oleh orang lain loh! Jika sudah seperti ini sebaiknya anda cek aplikasi apa saja yang anda pasang di smartphone anda.

Nah, itulah ke-5 Tanda Smartphone Anda sedang diretas oleh orang lain. dan perlu diingat kembali bahwa jangan sembarangan memasang aplikasi yang tidak diketahui sumbernya pada perangkat karena bisa saja di dalam aplikasi tersebut terdapat malware yang akan mencuri data penting anda!

Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Pacar yang Selingkuh Melalui Smartphone dengan Mudah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here