Cara Memperbaiki Harddisk Rusak Atau Bad Sector!

0
805
Harddisk
Copyright©indoworx

Harddisk Mengalami Kerusakan atau Bad Sector Masih Dapat Diperbaiki Dengan Cara memperbaiki Harddisk

Smeaker.com – Terjadinya kerusakan pada harddisk atau yang kerap disebut dengan bad sektor dikarenakan adanya beberapa faktor. Ada dua bagian bad sector, yaitu bad sector secara fisik serta bad sector secara software.

BACA JUGA : Cara Upgrade OS Android yang Benar!

Terjadinya bad sector fisik ini disebabkan karena harddisk terjatuh, berdebu, dan kepanasan, serta lain-lain. Dan untuk bad sector secara software terjadi akibat dari kesalahan dalam mengoperasikan komputer, seperti terkena virus, komputer dimatikan secara paksa dengan tombol shutdown, dan lainnya.

Jika anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir karena ada beberapa cara memperbaiki harddisk. Salah satu cara untuk dapat memperbaikinya adalah dengan cara menggunakan software yang sesuai dengan yang bermasalah.

  1. Harddisk Driver Bad Sector Repair

Cara memperbaiki harddisk pertama adalah menggunakan aplikasi ini yang nantinya akan berkerja dengan seri 541 DX Maxtor. Proses bekerja dalam aplikasi ini adalah dengan mendeteksi adanya kesalah yang sudah terjadi sehingga mengakibatkan harddisk rusak.

Harddisk.
Copyright©varianharga

Secara otomatis, aplikasi yang anda gunakan ini akan memperbaiki harddisk yang rusak dengan sedemikian rupa. Setelah itu, maka hardisk dapat digunakan seperti semula atau seperti awalnya dipakai.

BACA JUGA : Rencana Besar Intel, Bikin Harddisk Punah?

  1. Harddisk Drive Low Level Format Tool

Langkah selanjutnya, mengharuskan anda untuk melakukan back-up seluruh data yang ada di dalam harddisk. Hal ini dilakukan agar seluruh file tidak terhapus, karena penggunaan aplikasi ini untuk mereset seluruh data dalam hardisk.

Dengan adanya aplikasi ini, akan mengembalikan kondisi harddisk seperti awal atau mengosongkan seluruh isinya. Cara memperbaiki harddisk ini bertujuan untuk menyegarkan kembali dan kerusakan pun juga akan hilang.

  1. Software Recovery

Cara memperbaiki harddisk ini adalah kebalikan dari langkah yang kedua tadi. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka seluruh data yang sebelumnya anda simpan di dalam harddisk akan dikembalikan seperti semula.

Tiga langkah itulah merupakan cara memperbaiki harddisk yang rusak atau bad sector. Dengan adanya beberapa langkah tersebut semoga dapat membantu jika anda mengalami masalah yang sama seperti diatas.

BACA JUGA : Jaga Privasi, Begini Cara Memasang Password Harddisk di Windows!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here