Instagram Tiba-Tiba Hapus Fitur GIF, Ada Apa?

0
338

Fitur GIF dalam Instagram Dinilai Mengandung Konten Rasisme

Smeaker.comInstagram (IG) dan Snapchat untuk sementara waktu memblokir fitur penyematan gambar bergerak atau GIF dari layanannya. Hal ini menyusul laporan pengguna mengenai sticker GIF yang diklaim mengandung konten rasisme pada kedua platform tersebut.

Konten rasisme yang dimaksudkan ini merupakan GIF dengan sematan kata sensitive bagi kaum kulit hitam atau sering diistilahkan dengan ‘N-word’. Dan GIF itu sendiri berasal dari perpustakaan Giphy yang merupakan mitra pihak ketiga IG dan Snapchat. Seperti yang telah disampaikan oleh juru bicara IG. “Konten seperti ini tak memiliki tempat di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy sembari mereka menginvestigasi kasus ini,” tutur juru bicara.

Baca Juga : Biar Lebih Kece! Ini Loh Tips Membuat Video Keren Untuk Instagram Story

Hal yang serupa juga telah disampaikan oleh pihak Snapchat. Dan menurut juru bicara Snapchat, bahwa pemblokiran GIF akan dicabut jika Giphy berkomitmen untuk meniadakan konten-konten yang semacam itu. “Kami menghapus GIF dan memblokir akses Giphy hingga kami yakin kejadian seperti ini tak akan terulang lagi. Kami menunggu tim Giphy untuk menyelidikinya,” tutur juru bicara Snapchat.

copyright©instagram

Juru bicara Snapchat sendiri juga telah mengatakan bahwa seluruh GIF di layanananya seharusnya bersifat aman untuk diakses bagi remaja 13 tahun ke atas. Dan kejadian ini merupakan sebuah tamparan agar lebih jeli dan peka terhadap konten sensitive. Mengenai hal ini, pihak Giphy sendiri juga ikut bicara. Dan menurutnya, bahwa gambar bergerak dengan nuansa rasisme ini menyebar karena adanya bug pada sistem penyaringan GIF. Hal ini sebagaimana yang dihimpun oleh Kompas Tekno pada, Minggu (11/03/2018) dari TechCrunch.

“Kami telah memperbaiki bug-nya dan mengatur ulang semua GIF yang tersedia di perpustakaan kami,” tutur juru bicara Giphy. Dan perlu diketahui bahwa integrasi Giphy dengan Instagram dimulai sejak bulan Januari 2018, dan kemudian disusul oleh Snapchat pada Februari 2018 lalu. Sekedar informasi, bahwa GIF ini sejenis sticker yang ada dalam IG dan Snapchat serta bisa diatur ukurannta dan diatur penempatannya, jika tak sesuai bisa dihapus dengan mekanisme yang lumrah ketika menghapus sticker.

Baca Juga : Yeay! Instagram Kembali Berikan Pembaharuan, Apa yang Baru?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here