Sosial Media Alternatif Facebook yang Perlu Kamu Coba

0
992
sosial-media-bisnis
Sosial Media copyright©ShopBack

Smeaker.com – Dengan lebih dari 500 juta orang pengguna aktif bulanan, Facebook telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Bahkan belakangan muncul fenomena ketika beberapa orang mengalami semacam ketergantungan dengan sosial media semacam Facebook. Tidak sedikit para ahli yang menyarankan untuk mengurangi interaksi dengan Facebook untuk menghindari dampak ketergantungan yang lebih parah. Namun, jangan langsung berhenti secara total. Ada baiknya berhenti pelan-pelan atau beralih ke sosial media lain untuk sementara beralih dari Facebook.

Berikut beberapa alternatif sosial media selain Facebook yang bisa kamu coba.

Nextdoor

Bagaimana jika ada sosial media yang bukan hanya bisa mendekatkan Anda ke sesame pengguna di dunia maya, tetapi juga di dunia yang sebenarnya? Nextdoor, sosial media yang kini memiliki pengguna aktif di 169,000 komunitas di seluruh penjuru Amerika Serikat, memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang yang tinggal di sekitar Anda. Interaksi semacam ini memang belum tentu menjanjikan Anda bisa berteman dengan orang-orang di sekitar Anda, tapi setidaknya dengan sosial media ini, Anda menjadi lebih berinteraksi dengan lingkungan sekitar Anda.

Fitur ini sebenarnya penting mengingat semakin banyak orang yang terhubung di dunia maya, tapi seolah melupakan lingkungan sekitarnya. Dengan adanya sosial media ini, misalnya pun jika Anda usai mengakses situs – situs di internet seperti M88 mobile, Anda tetap bisa berinteraksi dengan orang-orang sekitar. Tak perlu lagi takut kehilangan sensasi berteman di dunia maya, sambil tetap berinteraksi di dunia nyata.

Untuk membuat akun, prosesnya kurang lebih sama dengan Facebook. Cukup isi profil dan kemudian Anda bisa mencari teman. Perbedaannya adalah pencarian teman Anda akan diprioritaskan pada orang-orang yang tinggal di sekitar Anda. Jika belum ada pengguna yang terdaftar di sekitar lokasi Anda, Anda bahkan bisa membuat komunitas baru dan mengundang tetangga.

Setelah kamu mendapatkan beberapa teman, post mereka akan mulai mengisi linimasa Nextdoor kamu, mirip dengan Facebook. Tapi, masih ada bedanya. Alih-alih melihat post dari sembarang orang, post yang kamu lihat akan kebanyakan berasal dari orang-orang yang tinggal di sekitarmu. Menarik bukan?

Ello

Ello bisa dikatakan sebuah sosial media bagi orang-orang dengan minat yang sama. Pada saat membuat akun, kamu akan diminta untuk mengisi profil berdasarkan konten tertentu, seperti menulis, fotografi, seni visual, arsitektur, dan banyak lainnya. Bahkan kamu tidak akan ditanya sama sekali tentang alamat, pekerjaan, sekolah atau apapun.

Usai menambahkan informasi ini, Ello akan menyajikan post yang terkait dengan minat kamu. Layaknya sosial media, kamu bisa berkomentar, klik tanda suka, dan membagikan karya yang menurut kamu menarik dan bahkan mengikuti artis yang kamu suka. Belakangan di sosial media ini kamu bahkan bisa menjual karya kamu ke orang lain. Tampilannya yang sederhana dan gampang dikuasi membuat banyak orang melirik sosial media yang satu ini.

Catster or Dogster

Sosial media yang satu ini cocok untuk kamu para pecinta kucing ataupun anjing. Disini, kamu akan menemukan komunitas tempat kamu bisa berbagi ilmu, pengalaman, dan cerita menarik tentang mereka.

Profil yang kamu buat disinipun sebenarnya profil untuk kucing atau anjing kesayangan kamu. Setelah kamu membuat akun, jangan lupa berinteraksi dengan para pecinta kucing dan anjing dari berbagai belahan dunia. Bukan tidak mungkin kamu bisa saja menemukan orang-orang di sekitarmu yang punya hobi sama.

Sosial media ini bahkan menawarkan informasi dan tips-tips bermanfaat tentang kedua hewan menggemaskan ini. Kamu pun bisa belajar banyak hal mulai dari jenis, perawakan, sifat, cara merawat, hingga video-video tutorial yang bermanfaat untuk mengakrabkan hubunganmu dengan kucing atau anjing kesayanganmu.

Namun, dengan hanya membatasi penggunanya pada pecinta kucing atau anjing semata, kelemahan terbesar sosial media ini adalah jangkauan penggunanya. Jadi, jangan berharap hasil dari post yang kamu bagikan akan setenar jika kamu membagikannya di Facebook. Selain itu, situs ini belum mendapatkan pembaruan yang berarti beberapa waktu belakangan ini, jadi mungkin bagi kamu yang cenderung memilih sosial media dengan tampilan menarik, Catster or Dogster mungkin sedikit kurang nyaman dari sisi visual.

Peanut

Peanut adalah sosial media yang diperuntukkan bagi para ibu untuk saling terhubung satu sama lain. Dengan sosial media ini, para ibu bisa saling bertukar pikiran, memberikan dukungan, belajar, mendengarkan tips-tips bermanfaat, atau bahkan berkumpul untuk meluangkan waktu sejenak. Kekurangannya mungkin sekali lagi terletak pada segmen pengguna yang terbatas, jadi tidak akan bisa menggantikan Facebook seutuhnya. Kelemahan lainnya ialah sejauh ini kamu hanya bisa mengakses Peanut lewat aplikasinya, karena situsnya kurang bekerja dengan baik.

Ketika kamu membuat akun Peanut untuk pertama kali, kamu akan diminta untuk masuk menggunakan akun Facebook. Kemudian, kamu akan diminta menjawab beberapa pertanyaan terkait minat, tempat tinggal, dan informasi perihal kehamilan (termasuk jika kamu berencana hamil atau tidak). Berdasarkan lokasi tempat tinggal dan minatmu, aplikasi ini akan menunjukkan profil dari para ibu yang sesuai. Hal-hal lainnya kurang lebih sama dengan aplikasi Tinder. Jika merasa cocok, kamu bisa geser foto mereka ke kanan. Setelah kamu mendapat beberapa teman, kamu pun bisa mulai mengobrol dan berbagi tips.

Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa mengadakan obrolan grup dan forum diskusi. Selain itu, juga tersedia opsi mengadakan polling dan saling berbagi tips antara para ibu.

Wanelo

Sebagai sosial media, Wanelo memilih berfokus pada segmen orang-orang yang suka berbelanja online. Berbagai penawaran menarik pun tak luput diberikan pada para penggunanya, mulai dari furniture hingga busana. Fitur-fitur yang tersedia pun tampaknya dirancang khusus bagi segmen ini, mulai dari mengikuti pelanggan lain, membuat daftar impian belanja, barter barang, dan banyak hal lain.

Pada saat pertama kali membuat akun, kamu akan diminta untuk membuat biografi singkat, memilih beberapa toko favorit, dan mengikuti beberapa pengguna lain dengan minat yang sama dengan kamu. Berdasarkan informasi ini, Wanelo akan menghadirkan tayangan di linimasamu yang mungkin menarik untuk kamu ikuti. Jika kamu tertarik dengan salah satu penawaran yang diberikan, kamu bisa langsung membeli barang tersebut dari aplikasi atau menyimpannya untuk kemudian hari.

Vero

Vero merupakan sosial media yang dimaksudkan untuk menyaingi Instagram. Namun, karena masih dalam pengembangan, mungkin kamu akan mengalami sedikit kendala ketika menggunakannya. Pun begitu, dengan berbagai fitur yang ditawarkannya, sosial media ini berpotensi untuk mengalahkan Instagram suatu saat nanti.

Membuat akun di Vero cukup mudah layaknya di Instagram. Kamu bisa mengunggah foto, berbagi tautan atau saran tentang music, film, atau buku yang kamu senangi. Layaknya Instagram, kamu pun bisa menggunakan hashtag dan mention untuk memperluas jaringan post.

Fitur lain yang cukup menarik dari Vero adalah sosial media yang satu ini bebas dari iklan. Tidak ada lagi tampilan yang mengganggu. Memang belakangan ada informasi yang beredar bahwa pihak pengembangnya berencana mengenakan biaya berlangganan kepada para penggunanya. Namun, sejauh ini 1 juta pengguna terdaftar pertama akan mendapatkan layanan Vero secara cuma-cuma. Jadi pastikan kamu bergabung jika kamu merasa sosial media ini menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here