Begini Jawaban Samsung Ketika Dituduh Meniru Animoji iPhone X

0
787
copyright©samsung dan apple

Samsung Mengatakan Bahwa Penggarapan AR Emoji Jauh Berbeda Dengan Animoji iPhone X

Smeaker.com – Beberapa waktu sebelum peluncuran Samsung Galaxy S9 pada event Unpacked Samsung yang diselenggarakan sehari sebelum penyelenggaraan ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018, sempat dikabarkan bahwa smartphone andalan Samsung tersebut akan hadir dengan membawa fitur emoji 3D yang hampir sama dengan Animoji yang buatan Apple yang juga disematkan pada iPhone X.

Terdapat sebuah kabar juga yang menyebutkan bahwa meskipun sedikit mirip, fitur emoji Samsung ini terlihat lebih maju ketimbang Apple. Namun, meskipun demikian, tuduhan sejumlah pihak bahwa Samsung meniru animoji tentu akan memaksa sang vendor untuk angkat bicara dengan memberikan klarifikasi.

Dan perlu diketahui bahwa Samsung telah meluncurkan fitur tersebut sebagai AR Emoji pada tanggal 25 Februari 2018, serta perusahaan teknologi dan elektronik yang berbasis di Korea Selatan tersebut ingin anda ketahui bahwa fitur Galaxy S9 AR Emoji ini bukanlan sebuah jiplakan dari Animoji yang dibawa oleh iPhone X.

Baca Juga : Ini Dia Cara Nikmati Animoji iPhone X di Smartphone Android

DJ Koh selaku CEO Samsung Mobile juga telah mengatakan bahwa tudingan tersebut sama sekali tidak benar. Ia pun mengatakan kepada media bahwa itu merupakan fitur AR Emoji yang dihadirkan di Samsung Galaxy S9 dan dikerjakan oleh Samsung selama bertahun-tahun. Untuk cara kerja dan penggarapan fitur AR Emoji ini pun sangat jauh berbeda dengan fitur besutan Apple.

copyright©samsung dan apple

“Pendekatan mereka dan pendekatan Samsung  sangat berbeda. Samsung  bekerja dengan serius berdasarkan roadmap kami sendiri. Kami telah bekerja sendiri untuk mengembangkan animasi 3D sejak tahun 2001 di ponsel flip. “ tutur DJ Koh tanpa menyebutkan nama Apple.

Penjelasan yang diberikan oleh DJ Koh ini memang cukup masuk akal karena tidak biasa bagi perusahaan seperti Samsung untuk menggarap proyek internal selama beberapa tahun sebelum pasti untuk diumumkan. Selain itu, tidak mungkin juga bahwa Samsung berhasil dalam mengembangkan kode AR Emoji hanya dalam beberapa bulan saja usai iPhone X dirilis pada bulan November 2017. Dan tentu juga tidak mungkin AR Emoji yang dikerjakan oleh Samsung ini sebagai proyek dadakan dengan batas waktu sangat singkat.

Selain itu, DJ Koh juga telah menegaskan bahwa fitur AR Emoji yang dihadirkan pada Galaxy S9 ini sangat berbeda dengan Animoji iPhone X secara mendasar, pasalnya mereka telah membuat desain dan bentuk avatar digital pengguna, sedangkan milik Apple hanya mereka-reka emoji yang ada dengan gerakan wajah dan suara pengguna.

Baca Juga : Berikut Kehebatan Fitur AR Emoji yang Tersematkan Pada Samsung Galaxy S9

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here