Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store yang Perlu Kamu Ketahui, Simak yuk!

0
1263
copyright©bungfrangki

Berikut 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu atau abal-abal di Play Store

Smeaker.com – Dalam melakukan pengunduhan dari Play Store, sebaiknya kita lebih berhati-hati lagi karena bisa terjdai kemungkinan aplikasi yang kamu unduh adalah aplikasi palsu bin abal-abal.

Dan perlu diketahui bahwa aplikasi palsu biasanya sangat mirip dengan aslinya, sehingga bisa saja kamu akan tertipu dengan aplikasi abal-abal. Contohnya, WhatsApp palsu yang telah diunduh oleh banyak orang hinga lebih daru satu juta, memang begitu hebatnya pencipta aplikasi palsu ini karena mampu menyamar seperti aplikasi asli.

Lantas, apa resiko menggunakan aplikasi abal-abal? Resiko mengunduh aplikasi palsu ini akan membanjiri kamu dengan banyaknya iklan dan lebih parahnya bisa disematkan sebuah malware di dalamnya, bahkan mampu menemukan keberadaanmu sekalipun lho! Ih ngeri kan? Untuk itu, lebih baik simak nih Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store dengan mudah agar kamu tidak akan tertipu lagi.

Baca Juga : Jangan Risau! Berikut Cara Atasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store Dengan Mudah

copyright©
  1. Perhatian Secara Saksama Pencarian Aplikasi di Play Store
copyright©JalanTikus

Ketika kita hendak mengunduh aplikasi, tentunya kita akan menggunakan search engine untuk lebih mudah menemukannya. Namun, kamu harus lebih teliti lagi dengan icon yang sama persis dengan aplikasi asli, karena pembuat aplikasi abal-abal akan berusaha mengelabuhimu dengan icon tersebut.

  1. Perhatikan Pula Nama Aplikasi dan Pembuat Aplikasi
copyright©JalanTikus

Jika memang menemukan icon yang sama, maka selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan nama aplikasi dan pembuatnya. Dan cek aplikasi lain yang berasal dari pencipta sama dengan klik bagian nama pembuat lalu scroll hingga paling bawah, maka akan menampilkan aplikasi lainnya.

Baca Juga : Ups! Google Sapu Bersih 700.000 Aplikasi Android Dari Play Store Sepanjang 2017

  1. Lihat Jumlah Unduhan Aplikasi
copyright©JalanTikus

Cara selanjutnya adalah dengan melihat atau mengecek jumlah pengunduhan dari aplikasi tersebut. Contohnya, ketika kamu ingin mengunduh aplikasi yang popular tetapi dalam aplikasi palsu tersebut hanya akan menampilkan pengunduh yang sedikit, maka dari itu jangan memilihnya.

  1. Teliti Deskripsi Aplikasi dan Gambar Screenshot
copyright©JalanTikus

Untuk menghindari aplikasi palsu bisa perhatikan deskripsi aplikasi. Pasalnya pembuat aplikasi asli akan menggunakan tata bahasa yang lebih baik dan menarik. Selain itu, bisa melihat gambar screenshot yang ditampilkan karena gambar yang asli akan menggunakan kualitas yang bagus.

  1. Perhatikan Kolom Komentar
copyright©JalanTikus

Sebelum mengunduh aplikasi, sebaiknya sempatkan waktu untuk melihat ulasan komentar. Bisa saja komentar tersebut hanya dibuat untuk mengada-ada saja tetapi biasanya ada yang secara terang-terangan mengatakan bahwa aplikasi tersebut palsu bin abal-abal.

Nah, gampang bukan? Itulah ke-5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu di Play Store dengan mudah. Dan apabila kamu menjumpai aplikasi abal-abal semcamnya lebih baik jangan diunduh sehingga aplikasi tersebut bisa segera ditendang oleh pihak Google.

Baca Juga : Aplikasi Blued ‘LGBT’ Sudah Diblokir dari Google Play Store, Kok Masih Nongol di iOS?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here