Jangan Risau! Berikut Cara Atasi Download Tertunda di Google Play Store

0
3726
copyright©youtube

Cara Atasi Download Tertunda di Google Play Store Dengan Mudah

Smeaker.com – Kebanyakan pengguna smartphone Android akan mengunduh aplikasi menggunakan Google Play Store karena Play Store ini sendiri merupakan tempat untuk mengunduh serta memasang berbagai macam aplikasi Android dengan mudah.

Meskipun prosesnya telah memudahkan penggunanya, bukan berarti aplikasi ini tidak akan memiliki masalah. Ternyata aplikasi ini juga memiliki masalah tersendiri, seperti tertundanya ketika download yang sering dijumpai oleh pengguna. Tentunya hal ini akan membuat pengguna semakin bingung harus di apain ya? Nah, namun untuk sekarang bagi kalian yang mengalami kejadian yang serupa ini tidak perlu khawatir lagi karena di bawah ini akan membahas Cara Atasu Download Tertunda di Google Play Store dengan mudah.

Baca Juga : Duh! Jutaan Smartphone Android Terserang Malware Penambang Uang Virtual

Cara Atasi Download Tertunda di Google Play Store Dengan Mudah

  • Ubah Pengaturan Download
copyright©gadgettrend

Terjadinya masalah download yang tertunda terkadang karena koneksi internet yang kurang mendukung. Baik dari sinyal data selular tidak terjangkau atau mungkin kualitas jaringan WiFi yang kurang kuat. Nah, dengan demikian untuk mengatasinya maka anda bisa mencoba untuk beralih jaringan, dan ketika akan mengunduh langsung hilangkan tenda cek serta tekan Proced. Namun, cara ini nampaknya akan menghabiskan kuota data anda dalam jumlah besar untuk mengunduh.

  • Bersihkan Cache Atau Data Sampah di Google Play Store
copyright©smeaker

Dengan penuhnya file sampah atau cache bisa menjadikan kinerja kurang maksimal. Untuk itu, anda bisa membuka menu Settings > pilih My Apps untuk melihat semua aplikasi yang ada di smartphone. Kemudian, temukan Google Play Store, dan anda akan hanya memilih storage untuk mengikuti langkah selanjutnya. Lalu, hapus cache atau data dengan memilih Clear Cache, bisa juga memilih Clear Data tetapi nanti anda akan memulai aplikasi Play Store dari awal.

Baca Juga : Mudah Kok! Begini Cara Merekam Aktivitas Layar Smartphone Android Tanpa Root

  • Perbaharui Versi Google Play Store Terbaru
copyright©smeaker

Jika anda mengalami masalah tertundanya download-an, maka lebih baik anda memperbaharuinya dengan versi yang lebih baru untuk mempermudahnya. Selain itu, dapat juga meminimalkan bug yang membuat proses download terhambat. Untuk melakukan update, bisa membuka Google Play Store dan pilih Ikon tiga garis yang ada pada pojok kiri atas. Lalu pilih Settings, kemudian scroll hingga tab About sehingga anda akan menjumpai versi aplikasi, Play Store Version dan untuk update bisa langsung ketuk beberapa kali hingga muncul pilihan update.

  • Periksa Kapasitas Memori Internal Smartphone
copyright©smeaker

Jika proses download anda tertunda, maka kemungkinan memori internal anda sudah mulai penuh guys. Untuk mengatasinya, anda bisa mengurangi isi penyimpanan internal dengan menghapus beberapa file yang tidak penting.

Baca Juga : Serem! Begini Cara Munculkan Hantu di Smartphone Android

  • Re-Install Google Play Store dan Reset
copyright©jalantikus

Dan jika cara di atas tidak juga menyelesaikan masalah anda, maka cara terakhir adalah dengan melakukan install ulang aplikasi Google Play Store dan mungkin bisa mereset Android yang dapat memberikan resiko penyimpanan internal juga akan ter-reset ketika anda melakukan reset. Untuk itu, perlu fikir-fikir lagi jika ingin meresetnya.

Nah, itulah Cara Atasi Download Tertunda di Google Play Store yang dapat anda coba dengan mudah. Mungkin bagi kalian yang memiliki pengalaman yang serupa bisa mencoba cara tersebut untuk mengatasinya. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Mudah Kok! Begini Cara Blokir Nomor HP di Smartphone Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here