Smartphone Android Masih Dikuasai Sistem Operasi Android Nougat

0
543

Pertumbuhan Sistem Operasi Android Nougat Masih Stabil

Smeaker.com – Beberapa pekan yang lalu, Google telah merilis chart distribusi Android perdananya ditahun 2018. Diagram distribusi ini juga menunjukkan peta sistem operasi miliknya dan nampaknya adopsi Android Oreo dan Android Nougat kini masih terus berkembang. Pernyataan ini telah diambil dari data terbarunya tanggal 8 Januari.

Selain itu, bisa dilihat dari distribusi Desember lalu, pengadopsi Android 8.0 Oreo sangat lambat, yang mana hanya mencapai angka 0,5 persen saja dari keseluruhan perangkat Android aktif yang ada. Dan untuk pembaruan terbarunya, Android Oreo telah diadopsi oleh 0,2 persen perangkat aktif dan kebanyakan dari smartphone Pixel dan Nexus, sehingga Android Oreo mampu mengantongi angka 0,7 persen dibanding bulan Desember lalu.

Baca Juga : Linux Ciptakan Sistem Operasi Android Tanpa Produk Google

Dan hal yang mengejutkan lagi adalah dengan pencapaian angka ini ternyata tidak terpaut jauh dengan Andorid Gingerbread jadul yang masih digunakan oleh 0,4 persen. Dan untuk Sistem Operasi Android Marshmallow 8.x juga masih menjadi OS Android yang paling banyak digunakan dengan pencapaian 28,6 persen.

copyright©google

Namun, angka yang dicapai tersebut telah menurun pada bulan Desember lalu yang masih 29,7 persen. Sedangkan untuk Android 7.x Nougat masih menunjukkan sebuah pertumbuhan yang stabil. Yang mana kombinasi dari Android 7.0 dan 7.1 ini mencapai angka 20,6 persen pada bulan November dan meningkat pada bulan Desember dengan pencapaian angka hingga 23,3 persen, dan bahkan pada bulan Januari telah meningkat hingga 26,3 persen.

Android 7.0 ini sendiri juga telah mengalami peningkatan hingga 1,8 persen, sedangkan Android 7.1 mengalami kenaikan hingga 1,2 persen bulan lalu. Dengan adanya peningkatan ini, perlu diketahui bahwa OS ini telah mendapatkan dukungan dari smartphone baru yang menggunakan Android Nougat, seperti Honor 7X, OnePlus 5T dan Moto X4.

Sehingga, jika Android Nougat ini terus mengalami peningkatan tren yang sama, maka aka nada kemungkinan bahwa Android ini akan mampu menyalip Android Marshmallow dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga : Horee! Android Oreo Segera Hadir di Nokia 2 dan 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here