Tips Kenali Laptop yang Overheat dan Penyebabnya

0
739
Tips Kenali Laptop Overheating b
Copyright©Make Tech Easier

Tips Kenali Laptop yang Overheat dengan Mudah

Smeaker.com – Laptop merupakan salah satu perangkat yang bisa membantu mempermudah pekerjaan kita sedikit lebih cepat jika dibandingkan dengan Smartphone. Akan tetapi ada beberapa kekurangan, diantaranya yakni kurang praktis dibawa kemanapun, susah mendapatkan jaringan, butuh tempat untuk mengoperasikannya dan masih banyak lagi yang lain.

Namun beberapa pengguna yang sering dirasakan yakni peningkatan suhu Laptop-nya yang bisa dibilang cukup cepat. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor yang mungkin tidak cukup asing bagi kalian.

Simak Yuk: Cara Membuat Tombol Home di Layar Untuk Semua Smartphone

Perlu kalian ketahui bahwa panasnya perangkat Laptop secara terus menerus akan berdampak buruk bagi perangkat itu sendiri, hal ini dikarenakan beberapa komponen jeroannya ada yang kurang tahan terhadap panas berlebih dalam waktu berkepanjangan.

Untuk itulah kita harus mengenai tanda-tanda perangkat Laptop yang memiliki suhu berlebih agar kalian bisa langsung mengambil tindakan untuk mendinginkan perangkat tersebut. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya mengenai Tips Kenali Laptop yang Overheat berikut ini.

Tips Kenali Laptop yang Overheat

Hal pertama yang cukup jelas ketika perangkat Laptop kalian sudah overheat adalah putaran kipas-nya yang sudah mencapai titik maksimum sehingga terdengar cukup bising.

Tips Kenali Laptop Overheating 1
Copyright©On Tips Tech

Tanda yang kedua adalah performa laptop yang sudah mulai menurun dan terasa sedikit lemot untuk dioperasikan jika dibandingkan dengan saat pertama kali dinyalakan. Dan yang lebih parahnya lagi adalah ketika Laptop sudah mengalami overheat yang akut, bisa jadi Laptop akan shutdown dengan sendirinya.

Ketahui Nih: Cara Untuk Menghindari Spam di Instagram Dengan Mudah

Penyebab Laptop Overheat

Untuk penyebab pertama yang bisa membuat perangkat Laptop lebih cepat panas jika dibandingkan dengan Komputer/PC/Desktop adalah tata letak komponennya yang berdempetan sehingga kurang ruang udara untuk membuang panas.

Kedua, fan processor dan VGA rusak atau mungkin kotor dan berdebu sehingga berat saat berputar. Nah, untuk pusingan kipas yang tidak sempurna inilah bisa menyebabkan suhu Laptop tidak bisa dikeluarkan secara maksimal sehingga bisa menyebabkan overheat.

Tips Kenali Laptop Overheating 2
Copyright©Laptop Repair Oxford

Terakhir dan yang cukup sering diabaikan penggunanya adalah menutup jalur pembuangan Laptop. Kalau lubah tersebut ditutup, kemanakah suhu panasnya bisa dikeluarkan? Selain itu tidak disarankan juga mengoperasikannya di atas kasur maupun kain, lebih baik gunakan Laptop pada permukaan yang datar dan dingin seperti lantai atau mungkin di atas meja.

Seperti itulah guys Tips Kenali Laptop yang Overheat dan penyebabnya, silahkan pahami dan terapkan dengan baik demi kesehatan dan keawetan Laptop kalian.

baca juga: Yuk Intip Cara Membuat Virtual Memory di Windows!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here