Penerus Android Oreo Mulai Support Google Unified, Android P?

0
333
Penerus Android Oreo
Copyright©KKXD

Penerus Android Oreo Mulai Support Google Unified!

Smeaker.com – Baru-baru ini mulai banyak diperbincangkan mengenai Penerus Android Oreo. Sementra itu belum lama ini pula Google dilaporkan segera akan menggulirkan update system operasi Android 9P. Sejumlah bocoran terkait dengan Penerus Android Oreo ini pun beredar luas di Internet, salah satunya adalah mengenai Google yang membekalinya dengan Unified Push.

Informasi terkait dengan Google Unified Push ini pun dihadirkan pertama kali oleh blog teknolgi GoAndroid. Google Unified Push tersebut disebut sebagai inisiatif yang ditujukan untuk mempercepat pendistribusian pembaruan Android secara global.

Google Unified Push ini merupakan kelanjutan dari Project Treble, cara interaksi bari antara inti software Android dan antarmuka buatan produsen smartphone. Kehadiran dari Google Unified Push ini berbarti versi terbaru Android akan bergulir lebih cepat pada ponsel yang kompatibel.

Baca: Yeay! Huawei Honor 8 Tetap Dapatkan Pembaruan

Namun beredar juga informasi yang menyebutkan bahwa sejumlah pihak menyimpulkan rencana Google untuk menutup bagian Android. Hal ini dinilai akan membatasi pengembang dan juga pengguna dalam berkereasi dengan system operasi ini.

Penerus Android Oreo
Copyright©Fossybytes

Adapun komunitas XDA Developers mengindikasikan bahwa Android  akan membatasi aplikasi dalam menggunakan Application Programming Interface (API) tidak bersertifikasi atau tersembunyi.

Namun hal ini dinilai bukan menjadi masalah berarti, sebab sejak awal, API tersembunyi tidak ditujukan untuk digunakan oleh pengembang pihak ketiga.

Google pun mengaku bahwa  mereka tak asing dengan ide membatasi sejumlah hal dan memaksa sejumlah pengaturan untuk tetapnmenimbulkan kekhawatiran di kalangan pengembang.

Sejumlah pengembang menyebut penguncian API ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di masa mendatang, dalam mengembangkan aplikasi yang sesuai dan kompatibel, dalam kurun waktu satu atau dua tahun mendatang.

baca juga !

Loh! Update Android Oreo Untuk Xiaomi Mi A1 Dihentikan, Mengapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here