Wow, Kecerdasan Buatan Bisa Bikin Lagu Nina Bobo!

0
629

Wow, Kecerdasan Buatan Bisa Bikin Lagu Nina Bobo!

Smeaker.com – Rupanya kecerdasan buatan (Al, Artificial Intelligence) dimanfaatkan untuk kesehatan. Belum lama ini kecerdasan buatan berhasil menciptakan lagu Nina Bobo yang disebut-sebut bisa membantu seseorang untuk tidur lebih cepat.

Dari sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan kesehatan AXA, PP, sebagian dari warga di London, Inggris, mengeluhkan sulit tidur di malam hari. Terkadang mereka sampai melakukan 40 kali kedipan mata. Hal itu mereka lakukan dengan maksud mata biar lelah dan tertidur. Namun faktanya cara tersebut tak membuahkan hasil.

Untuk memecahkan masalah ini, perusahaan kesehatan itupun berinisiatif menciptakan lagu tidur itu dengan kecerdasan buatan. Awalnya AXA PPP membuat dua buah lagu yang merupakan buatan dari dua composer.

BACA JUGA: Akun Jual Beli Dikunjungi 200 Juta Pengguna Instagram!

Nada yang pertama dibuat oleh composes bernama Eddie McGuire, dan lagu satunya dibuat oleh jaringan neural berbasis kecerdasan buatan. Seperti yang dilansir oleh Mirror pada hari Selasa, 5 Desember 20117, lagu pengantar tidur yang dibuat oleh masing-masing composer itu dijajal ke sejumlah orang.

Copyright ©Brillio

Usai beberapa orang itu mendengarkan masing-masing lagu, Nina Bobo yang diciptakan dengan kecerdasan buatan malah dianggap sangat membantu mempercepat mereka untuk tidur. Setelah mendengarkan lagu selama beberapa menit, sejumlah orang itu mengaku langsung mengantuk.

BACA JUGA: Ingin Perangi Kecerdasan Buatan, Elon Musk Gandeng Google dkk!

Dr Mark Winwood yang merupakan Director of Psychological Servies for AXA PPP healthcare, mengatakan bahwa neural punya kemampuan untuk membuat sebuah susunan lagu baru dan lihai memilih nada lagu dari lagu yang sudah diciptakan atau lagu baru.

Jaringan neural ini memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah susunan lagu baru. Ia bisa memilih nada sesuai pada lagu yang sudah diciptakan atau bahkan nada-nada baru,” ungkap Mark Winwood, Director of Psychological Services for AXA PPP healthcare.

Mark juga menambahkan bahwa lagu tersebut dibuat dengan menggunakan format detail yang membuatnya enak di dengarkanm seperti harmoni, melodi, ritme, dan struktur dari lagu  yang dikomposisikan.

Mark menyebut sebuah lagu yang dikompisisikan dengan memanfaatkan kcerdasan buatan juga bisa membantu dalam mengurangi aktivitas sistem nervous pada manusia, tekanan darah, jantung, rasa panik yang berlebihan, dan menimbulkan dampak positif saat tidur dengan lagu Nina Bobo itu.

BACA JUGA: Google Sudah Perbaiki Posisi Keju di Emoji Burger!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here