Belum Optimal, Pertamina Akui Program Satu Harga BBM Masih Banyak Hambatan!

0
688
Belum Optimal, Pertamina Akui Program Satu Harga BBM Masih Banyak Hambatan!
Copyright ©indopetronews

Belum Optimal, Pertamina Akui Program Satu Harga BBM Masih Banyak Hambatan!

Smeaker.com – Pemerintah menemui hambatan dengan dinyatakannya Bahan Bakar Minyak (BBM) naik dan harganya sama di setiap wilayah. Direktur PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyatakan pendapatnya dengan naiknya Harga BBM ini mebuat Pertamina sendiri menemui berbagai hambatan.

Hal ini disampaikan karena penerapan harga BBM yang sama atau BBM Satu Harga di seluruh daerah Indonesia dari ujung Timur sampai dengan ujung Barat. Pihak pertamina sendiri membandingkan biaya distribusi ke tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh pertamina.

Hambatan yang dialami oleh pertamina ini harus segera diatasi oleh pemerintah Indonesia. Keputusan menerapkan BBM satu harga yang dilakukan oleh pemerintah tidak memikirkan biaya untuk pendistribusian. Distribusi sangat memakan biaya sehingga harga BBM seharusnya berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya.

Sementara itu mengenai hambatan naiknya harga BBM ini juga disampaikan oleh Direktur Pertamina sendiri saat ditemui di Unervesitas Gajah Mada (UGM) pada Rabu 11 Januari 2017. Dia mengataknan ‘ menerima dan mewujudkan kebijakan BBM satu harga tidak mudah seperti yang dibayangkan’.

Belum Optimal, Pertamina Akui Program Satu Harga BBM Masih Banyak Hambatan!
Copyright ©bbc

Bukan hanya itu ada lagi hambatan mengenai naiknya harga BBM dan diterapkannya BBM satu harga ini. Saat ini harga minyak dunia  masih mengalami fluaktif  dan harganya juga meningkat. Sedangkan kebutuhan masyarakat Indonesia mengenai bahan bakar minyak ini lebih banyak dibandingkan dengan kapasitas produksi minyak mentah di Indonesia.

Harga BBM yang naik tentunya tidak masalah bagi masyarakat namun Pertamin yang menikan harga tersebut kini malah dipusingkan. Bagaimana tidak Indonesia sendiri setiap harinya mengonsumsi minyak mentah sebanyak 1,07 juta barel per hari. Sedangkan kapasitas yang dimiliki adalah 800.000 barel per hari.

Sementara itu harga BBM yang ditetapkan pemerintah sama disetiap daerah Indonesia membuat Pertamina tertekan. Namun disamping itu langkah pemerintah juga didukung oleh pertamina sendiri karena untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarkat.

Pertamina kini harus berfikir positif mengenai  ditetapkannya harga BBM sama disetiap wilayah dan pertamina sendiri saat ini juga menyusun strategi agar dibekukan peraturan tersebut. Saat ini pemberlakuan harga BBM sama masih dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Namun dengan seiring berjalannya waktu pemberlakuan ini akan merambat ke wilayah-wilayah lain.

Baca lain Berita Hari Ini: Wujudkan Program BBM Satu Harga, Pemerintah Bangun 22 SPBU Baru Tahun Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here