Heboh Uang Rupiah Baru Palu Arit, Begini Tanggapan Gubernur Bank Indonesia!

0
680
Copyright ©bangka.tribunews

Heboh Uang Rupiah Baru Palu Arit, Begini Tanggapan Gubernur Bank Indonesia!

Smeaker.comGubernur BI menyatakan kalau berita yang menyatakan ketidak benaran mengenai pernyataan Uang Baru Palu Arit. Hal tersebut ditegaskan oleh Agus Marwoto kalau gambar yng dipasang di uang keluaran baru tersebut tidak bergambar palu arit.

Uang Baru Palu Arit membuat masyarakat bertnya-tanya mengenai gambar tersebut apakah benar ataukah hanya sekedar isu. Seperti yang dijelaskan oleh Bank Indonesia kalau logo yang berada di lembaran uang tersebut dipotong secara diagonal sehingga membentuk ornamen yang tidak beraturan.

Gubernur BI Agus Martowadjo juga menjelaskan mengenai berita Uang Baru Palu Arit tersebut saat ditemui pada Senin 10 Januari 2017. Dia mengatakan ‘logo gambar yang terdapat di lembarn uang baru saling mengisi. Itu sendiri merupakan sebagai unsur pengaman rupiah’.

Unsur yang dinggap sebagai Uang Baru Palu Arit itu menjadi pengaman rupiah tersebut agar membedakan dengan uang palsu yang sering beredar. Dia juga mengatakan hal ini dilakukan untuk menghindari pemalsuan. Kemudian agar masyarakat Indonesia lebih mudah membedakan antara uang asli dan uang palsu.

Heboh Uang Rupiah Baru Palu Arit, Begini Tanggapan Gubernur Bank Indonesia!
Copyright ©economy

Tuduhan mengenai Uang Baru Palu Arit terkait dengan lambang yang yang digunakan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Kabar ini beredar melalui media sosial yang secara cepat beredar luas yang membuat masyarakat juga beranggapan kalau adanya kesalahan.

Pihak Bank Indonesia sendiri belum tau pasti siapa yang menyebarkan tuduhan Uang Baru Palu Arit tersebut. Bank Indonesia sendiri juga masih menggali informasi dan juga menyelidiki siapa sebenarnya yang membuat isu yang tidak benar itu.

Namun beredarnya isu Uang Baru Palu Arit tersebut sudah dilaporkan ke pihak yang berwajib oleh Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (Jimah). Mereka melporkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rezeiq Shihab ke Polda Metro Jaya dengan beredrnya tuduhan mengenai uang baru tersebut.

Laporan mengenai Uang Baru Palu Arit ini sendiri ditujukan ke habib Rezeiq karena pada ceramahnya kala itu menyebutkan kalau uang baru seperti berlogo palu arit. Hal tersebut dikatakannya dalam unggahan video ceramah di media sosial.

Bukan hanya pihak Bank Indonesia namun pihak kepolisian setelah mendapat laporan mengenai Uang Baru Palu Arit ini masih terus menyelidiki. Pihak kepolisian sendiri akan menghadirkan perwakilan dari pihak BI maupun pelapor untuk dimintai keterangan.

Baca lain Berita Hari Ini: Fakta Mengejutkan Tentang Penulis Buku ‘Jokowi Undercover’ yang Ternyata Tak Terima Prabowo Kalah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here