Berita Hari Ini : Per 1 April Besok, Harga BBM Jenis Premium Dan Solar Resmi Diturunkan, Akankah Mampu Tekan Inflasi dan Jadi Solusi Tepat Jelang Lebaran ?

0
2373
Harga BBM

Harga BBM Kembali Akan Diturunkan Pada April Mendatang

Smeaker.com – Setelah tiga bulan berselang, kembali bahan bakar minyak (BBM) akan diturunkan harganya untuk BBM bersubsidi. Pemerintah telah mematikan akan kembali menurunkan harga BBM jenis premium dan juga solar per 1 April 2016.

Pwnurunan harga BBM tersebut juga seiring dengan komponen pendukung penyesuaian seperti, harga minyak mentah dan juga dolar Amerika Serikat yang tengah mengalami penururnan.

Terkait akan diturunkannya harga BBM pada April mendatang, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik, Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan jika bersa penururnan yang ditetapkan pemerintah akan memegang peran penting akan laju inflasi.

Harga BBM
Harga BBM

Apakah laju inflasi akan tertekan atau tidak, Sasmito menilai jika dampak dari penururnan harga BBm ini cukup lumayan menekan lajunya.

Namun meskipun demikian, menurutnya pemerintah juga tetap harus memperhatikan kondisi dari komoditas pangan secara keseluruhan, meskipun sampai saat ini masih dalam posisi terkendali.

Untuk komoditas pangan yang terutama ialah harga cabai dan juga harga bawang yang masih mengkhawatirkan bahkan mungkin malah bisa semakin mahal. Selain dar itu juga ada minyak goreng yang meskipun ada ancaman dari tarif CPO masih memiliki potensi peningkatan harga.

Sasmito mengapresiasi akan kebijakan dari pemerintah mengenai penururnan harga BBM yang dilakukan secara konsisiten setiap tiga bulan sekali ini. Dari kebijakan tersebut masih ada tanda-tanda bagus, asalkan berada dibawah 0,5 persen inflasi masih aman hingga akhir tahun.

Harga BBM
Harga BBM

Sementara itu terkait dengan penururnan harga BBM, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan hingga kini masih mencari formula besaran penururnan BBM. Hal ini dilakukan untuk menghindari kenaikan harga para periode berikutya.

Selain dari itu memang dibutuhkan formula yang pas lantaran harga BBM turun tidak berdampak terhadap harga bahan pokok. Kondisi sebaliknya harga BBM naik maka berpengaruh kepada kenaikan harga, sehingga masyarakat yang terkena dampak langsung.

Jika mengacu pada formula harga BBM yang dievaluasi selama tiga bulan, kini harga minyak dunia cenderung menguat. Ini juga mempengaruhi pembentukan harga BBM pada Juli 2016. Pemerintah masih terus berusah mendapatkan formula yang tepat agar kenaikan harg abisa dihindari dan masyarakat tak terbebani.

baca juga BERITA HARI INI : HARGA BBM JENIS PERTAMAX DAN PERTALITE MULAI HARI INI TURUN LAGI RP 200 PER LITER !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here