Google: ‘Paksa” Smartphone Baru Pakai KitKat ?

0
595
Google: ‘Paksa” Smartphone Baru Pakai KitKat ?
KitKat Android ( foto : product reviews )

Sejak peluncurannya di kuartal ke-4 pada 2013 lalu, Versi Android teranyar, Android 4.4 KitKat, tampaknya kurang diminati pengguna. Dari keseluruhan pengguna Android, hanya sekitar 2% saaja yang menggunakas versi teranyar Android ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google tidak kehabisan akal. Baru-baru ini, Google dikabarkan ‘memaksa’ para vendor smartphone, untuk menyematkan Android 4.4 KitKat pada handset mereka yang baru secara pra-instal.

Kabar ini bersumber dari pesan Memo yang Google kirimkan kepada para vendor, yang ‘kabarnya’ bocor. Aturan ini tidak hanya berlaku bagi vendor kelas atas dengan spesifikasi mempuni, tapi juga bagi vendor kelass bawah. Dengan kata lain, mereka harus menyiapkan spesifikasi yang mendukung Android 4.4 KitKat untukproduk mereka.

Menurut memo ini, sejak Februari 2014, Google tidak akan lagi menyetujui distribusi GMS (Google Mobile Services) pada handset baru yang menginstalkan versi lawas dari Android. Sehingga, mereka tidak akan dapat mengakses aplikasi-aplikasi inti Google seperti Google Map, Google Play Store, Google Hangouts dan Google Now.

Sebenarnya, tujuan dari versi KitKat ini sendiri cukup sederhana, yaitu untuk memecahkan masalah fragmentasi, dengan membuatnya terasa lebih ringan dan dapat dipasang pada handset kelas rendah sekalipun.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here