Ban Pintar Pertama di Dunia, Hadir Dengan Otak Pintar

0
721
Ban Pintar Pertama di Dunia, Hadir Dengan Otak Pintar
ban dari nokian ( foto : autoguide )

Satu persatu impian para penulis, baik film, komik, manga bahkan novel, perlahan mulai terwujud. Di masa lalu, kita hanya bisa membayangkan berbagai teknologi canggih yang saat ini dianggap biasa. Bertatap muka lewat telpon dan jam tangan, mengetahui lokasi melalui ponsel dengan bantuan satelit, menemukan teman di belahan dunia lain tanpa beranjak dari kursi kerja, dan lainya.

Kini satu lagi gebrakan baru mulai terwujud. Siapa sangka, sebuah perusahaan asal Findlandia, Nokian Tyres,baru-baru ini memperkenalkan Ban Pintar pertama di dunia. Ban ini dibekali teknologi untuk bisa berubah menjadi ban khusus jalanan bersalju.

Technical Customer Service Manager Nokian Tyres, Matti Morri menjelaskan, bahwa hanya dengan menekan sebuah tombol khusus dari jarak jauh, secara otomatis ban ini akan mengeluarkan benda seperti kancing logam yang berfungsi untuk mengatasi jalanan licin karena salju. Dan canggihnya, ketika sudah tidak dibutuhkan lagi, kancing logam tersebut akan kembali ke dalam ban, dan sang Ban pintar pun akan kembali menjadi ban biasa.

Sebelumnya, sekelompok ilmuan asal Jerman juga mencoba untuk membuat sebuah ban pintar yang dilengkapi dengan sensor elektronik untuk memantau kondisi jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here