Diajak Jerman, Perancis Siap ‘Jauhi’ Jaringan Internet AS

0
787
Diajak Jerman, Perancis Siap 'Jauhi' Jaringan Internet AS
angela merkel ( foto : fansshare)

Berbagai kabar dan berita mengenai aksi peny adapan yang dilakukan oleh pihak intelegen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), tampaknya berdampak cukup besar.

Beberapa negara besar, terutama yang berada di benua Eropa memutuskan untuk menjaga jarak dengan negeri paman sam tersebut, terutama di bidang konektifitas internet. Termasuk salah satunya adalah Pemerintah Jerman dan Perancis.

Salah satu penggagas keputusan tersebut adalah Kanselir Jerman Angela Merkel, yang dikabarkan turut menjadi korban aksi spionase pihak AS. Ia menghimbau kepada seluruh negara di Eropa agar mengalihkan akses internet mereka yang menuju ke AS.

Merkel jugaberencana untuk mengajak para pemimpin Eropa membangun jaringan komunikasi independen, agar selanjutnya pihak eropa tidak lagi tergantung pada infrastruktur telekomunikasi AS. Ia juga menyatakan bahwa hal ini dilakukan demi menjaga kerahasiaan data pribadi rakyat Eropa. dan ia turut melarang operator telekomunikasi di Eropa untuk mengirimkkan email, atau data apapun melintasi Atlantik ( maksudnya ke AS).

Gagasan Markel tersebut, disetujui oleh Presiden Perancis, Francois Hollande. Hollande meyakini masyarakat Perancis akan menyambut baik ide tersebut. Ia juga menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pemimpin Eropa lainnya untuk membangun jaringan telekomunikasi Eropa, yang bebas dari aksi spionase Amerika atau pihak manapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here