Mengenal Dan Mengatasi Virus Sality

0
17465
Sality

Mengenal Virus Sality

Smeaker.com – Sality merupakan salah satu virus computer yang paling banyak menyambangi pengguna Internet maupun pengguna PC/laptop stand Alone di kalangan Indonesia. Dari sekian banyak macam virus yang menyerang pengguna PC/Laptop Sality merupakan salah satu virus yang paling bandel dikelasnya, konklusinya selalu Nampak nyata, dia bisa masuk dengan mudahnya, namun sangat sulit cara untuk memusnahkannya. Namun kebandelan Sality diakui sebagian banyak survey masih berada dibawah Virut, Sekedar berbagi pengalaman mengenai 2 virus tersebut yakni Sality dan Virut, keduanya pernah membuat hati saya semakin menciut dan ogah-ogahan lagi menggunakan computer apalagi jikala harus terhubung dengan Internet. Kala itu, pernah suatu ketika saya sedang terhubung dengan Internet, namun entah karena alasan apa dulunya saya saat itu lupa bahwa avast andalan saya sedang saya matikan, nah, kontan saja, Sality masuk tanpa membawa pesan berbahaya sama sekali. Demi menanggulangi kala itu, saya harus 2 kali menginstall ulang windows saya, bagaimana bisa demikian, kenapa kok sampai dua kali install ulang, padahal satu kali saja bukannya sudah cukup?. Munkin itu pertanyaan yang akan anda tanyakan. Jangan salah temanku, Sality merupakan salah satu virus bandel yang tak akan hilang begitu saja ketika kita menginstall ulang system di direktori C saya. Karena pada kenyataannya si Sality tersebut cepat sekali mewabah ke berbagai tempat selain di System, itulah mengapa saya menyebutnya sebagai virus yang bandel.

Penyebaran Virus Sality
Penyebaran Sality

Cara Kerja Sality

Secara kasat mata, tidak terlalu banyak perbedaan antara file yang terinfeksi dengan file yang belum terinfeksi, yang membedakan hanyalah ukuran yang bertambah lebih besar dari ukuran sebelum terinfeksi, biasanya ukuran yang bertambah hanya beberapa KB saja.

Jika file terinfeksi tersebut dijalankan, maka file tersebut dapat berjalan seperti biasanya, sehingga user tidak mengira bahwa file yang ia jalankan tersebut telah terinfeksi virus, padahal di balik itu Sality sudah menetap di sistem. Virus Sality juga mampu menginjeksi file tumpangannya dengna ukuran file bervirus tidak seragam, sehingga lebih sulit dibedakan dibandingkan virus lain. Sality akan bekerja ekstra cepat dalam mengembang biakkan anak-anaknya, Inilah satu alasan mengapa sulitnya membersihkan virus satu ini, dimana anak-anak tersebut akan mengembangkan diri secara terus menerus, sementara Ibu(mother)nya akan menetap berdiam diri. Tugas kita yang paling sulit adalah menemukan dimana tempat Induk semangnya berada sekaligus menghapusnya, karena percuma pabila kita hanya melenyapkan anak-anaknya saja sementara induknya masih tetap duduk manis di singgasananya.

Sality akan sangat erbahaya lagi kala PC/Laptop kita terhung dengan jaringan computer dengan banyak client lain, hal ini bisa menyebabkan penyebarannya mewabah ke berbagai PC/Laptop lain di seluruh jaringan tersebut.

Cara Mencegah Dan Menanggulanginya

Cara mencegah sebuah virus ada berbagai macam cara misalkan saja mengaktifkan firewall yang ada pada sistem operasi kita, itu merupakan langkah awal dalam pencegahan, kemudian kita bisa memasang anti-virus dalam PC/Laptop. Namun hal yang harus diingat adalah penggunaan anti-virus akan memakan setidaknya 10% dari RAM milik kita, jadi langka tepatnya adalah memasang 1 atau paling banyak 2 Anti-Virus dalam PC/Laptop dengan catatan keduanya harus selalu Update kala PC/Laptop terhubung dengan Internet. Dalam praktek ini saya pribadi menyarankan untuk anda memakai Avast sebagai anti-virus Internasionalnya, sedangan SMADAV sebagai penghalang virus Lokalnya. Penggunaan Anti Virus sebanarnya tergantung selera masing-masing pengguna dengan catatan mereka harus di update secara berkala.

Cara lain untuk mencegah datangnya virus sality adalah dengan melakukan scanning pada sesuatu perangkat yang akan masuk dalam computer kita, baik itu flashdisk maupun CD/DVD, hal ini sangat familiar mengingat biasanya virus sality sangat suka bersemaam di sebuah Flashdisk.

virus-sality

Cara Menanggulangi Sality

Ibarat Nasi sudah menjadi bubur, bagaimana mau dikata lagi, Sality terlanjur mewabah dala computer kita, langkah yang seharusnya kita lakukan adalah tetap berfikir positif dan lakukan langkah demi langkah secara cermat dan teliti.

Dikutip dari teknoreviewnet, disana penulisnya mempunyai pengalaman yang aneh yakni dengan melakukan cara :

  1. Putuskan Akses Internet atau Wireless
  2. Matikan Autoplay/Autorun, dengan cara masuk ke Control Panel>Hardware and Sound>Autoplay>lalu hapus tanda centang-nya
  3. Matikan Proses-proses misterius yang sedang berjalan dengan task manager atau program pemutus lainnya.
  4. Masuk ke Drive yang terinfeksi, jika ada File yang bernama Autorun.inf, Hapus saja!
  5. setelah itu kita beranjak ke bentuk fisik si sality, biasanya berekstensi *.exe atau *.pif, dari mana tahunya kalau itu virus sality? anda bisa menggunakan smadav, lalu masuk ke drive tersebut, nanti akan terdeteksi smadav dan diberitahukan nama virus-nya.
  6. Re-Name Virusnya! rename dengan menggunakan nama acak-acakan juga boleh! lalu ganti ekstensi-nya, misalkan yang tadinya ia *.exe, ganti menjadi *.doc, *.jpg, atau lainnya!
  7. Lalu Hapus! Sality tak akan kembali lagi!

Dari Cara dia atas, kemungkinan Sality akan kembali sangat kecil, namun apabila itu terjadi, langsung saja kita download Sality killer dan dipadukan dengan salah satu anti virus terupdate misalnya Avast/Avira/AVG/Eset dan lainnya.

Masih belum Hilang juga atau hilang namun sebagian banyak sistem kita sudah rusak oleh ulah Sality !, Jangan berkecil hati, langkah terakhir yang bisa dilakukan adlah dengan cara menginstall ulang, namun dengan catatan, sebelum kita melakukan intall ulang disarankan kita memiliki saliti killer dan satu anti virus terupdate. Caranya adalah setelah kita selesai mengisntall ulang, jangan install program lain kecuali Sality Killer dan Antivirus, keduanya harus dijalankan terlebih dahulu demi menemukan induk dari sality tersebut. Setelah Induknya ditemukan anda bisa melakukan Instalasi sesuka hati anda.

Demikian sedikit pengalaman dan berbagai pengalaman milik penulis lain yang sudi membagikannya sebagai Ilmu buat anda pengguna Komputer. Ingat, Virus tak akan bisa asuk Selma kita teliti dn tanggap dengan keadaan komuter kita, jadi Hati-Hati ya temanku. Semoga bermanfaat. Sharing Is Fun.^-^.

NB: Diambil dari Berbagai Sumber.

Baca Juga : Tips Memilih Harddisk Eksternal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here