Sisi Balik WhatsApp Sebagai Aplikasi Terpopuler yang Tidak Kalian Ketahui!

0
301
Copyright©NDTV Gadgets

WhatsApp Jadi Aplikasi Paling Merana Setahun Belakang

Smeaker.com – Seperti yang kita ketahui, jika WhatsApp memang menjadi aplikasi paling populer didunia saat ini. Namun dibalik kesuksesannya merajai sektor tersebut, ternyata WhatsApp ini juga menjadi aplikasi paling ‘menderita’ lho.

Artian menderita disini maksudnya adalah, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kepopuleran WhatsApp. Selain itu, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak diblokir terkait penutupan internet di berbagai negara.

Baca juga: Waspadalah, Begini Cara Bobol Akun WhatsApp Melalui Panggilan Telepon!

WhatsApp telah menderita sekitar 6.236 Jam gangguan. Berdasarkan studi dari Top10VPN, para pengguna WhatsApp di negara Sri Lanka dan Sudan menjadi yang paling banyak mengalami hal tersebut.

Copyright©NDTV Gadgets

Seperti yang dilaporkan oleh laman Independent, jika bukan tanpa alasan kenapa WhatsApp ini sampai mendapat cekalan. Dimana aplikasi pesan instant yang memiliki ikon berwarna hijau tersebut memang menjadi andalan bagi warga sipil untuk berkomunikasi atau berkoordinasi setiap kali ada kericuhan di sebuah negara.

Baca juga: Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Main WhatsApp Setiap Hari!

“Menutupnya membuat hampir tidak mungkin bagi orang-orang untuk berkomunikasi di situasi seperti itu, memudahkan otoritas untuk menjaga cengkeraman kekuasaan. Menakutkan betapa mudah pemerintahan otorites mematikan platform seperti WhatsApp atau bahkan internet secara keseluruhan. WhatsApp bergantung pada lisensi pemerintah dan dipaksa mematuhi permintaan pemerintah agar terus bisa beroperasi, ” Ujar Samuel Woodhams, selaku penulis laporan tersebut.

Selain WhatsApp, platform lain yang juga mengalami gangguan serupa pada tahun 2019 lalu adalah Facebook, Twitter, serta Youtube. Sebuah studi mencoba mengestimasi kerugian ekonomi yang ditimbulkan oleh pemblokiran internet secara global tersebut mencapai USD 8 Miliar.

Terjadi 122 pemblokiran dalam skala besar pada WhatsApp Dkk di 21 negara. Dan negara paling berdampak ini adalah Irak, Sudan, India, Venezuela, dan juga Iran.

Baca juga: Sayang Banget, Fitur Keren di WhatsApp ini Hanya Berlaku Untuk Obrolan Grup Saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here