Cek Smartphone Kamu Sekarang, Aplikasi Android Ini Bisa Curi Data Pengguna!

0
245
Copyright©Gamebrott

Aplikasi Android Mencurigakan Bisa Curi Data Pengguna!

Smeaker.com – Ada kabar yang kurang baik buat kalian pengguna smartphone berbasis Android. Dimana baru-baru ini pengguna ponsel tersebut didesak untuk memeriksa aplikasi yang telah terinstall didalam smartphone miliknya.

Kabar ini pertama kali beredar melalui tom Twitter, dimana mereka telah mendapat laporan soal Aplikasi Android jahat yang memungkinkan para hacker bisa mencuri data pribadi pengguna smartphone nantinya.

Baca juga: Tahan Dulu, Smartphone Murah Dengan Baterai Jumbo Masuk Indonesia Pekan ini!

Ancaman ini bukan dikarenakan masalah didalam Aplikasi Android itu sendiri, melainkan adanya beberapa aplikasi palsu yang sangat berpotensi untuk membuat pengguna mendapatkan serangan siber nantinya.

Copyright©Gamebrott

“Tim keamanan kami telah menentukan bahwa SDK berbahaya, yang dapat disematkan dalam aplikasi seluler, berpotensi mengeksploitasi kerentanan dalam ekosistem seluler untuk memungkinkan informasi pribadi (email, nama pengguna, Tweet terakhir) untuk diakses dan diambil menggunakan SDK berbahaya. Meskipun kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa ini digunakan untuk mengendalikan akun Twitter, ada kemungkinan seseorang dapat melakukannya,” tulisan pihak Twitter dalam cuitannya seperti dilansir melalui laman Express.uk.

Baca juga: Hp Android Realme Dengan 4 Kamera Belakang ini Harganya Dipangkas Tinggal Rp 1 Jutaan!

Meskipun tidak ada akun yang diletakkan di tangan para hacker tersebut, pihak Twitter telah mengkonfirmasi jika adanya bukti yang ditemukan menunjukkan jika serangan ini telah digunakan mengakses sejumlah akun android. Maka dari penggna pun diminta untuk memeriksa sejumlah Aplikasi Android di smartphone.

“Jika dipikir Anda telah mengunduh aplikasi jahat dari toko aplikasi pihak ketiga, kami sarankan Anda segera menghapusnya,” lanjut pihak Twitter.

Bagi mereka yang menjadi korban kejahatan cyber tersebut bakal dihubungi oleh pihak Twitter langsung, dan mereka juga akan memberi tahu Google maupun Apple mengenai adanya Aplikasi Android berbahaya itu agar segera diambil tindakan penanganan.

Twitter juga menambahkan, jika pengguna tidak mengenali salah satu aplikasi didalam smartphone, atau sudah tidak menggunakan Aplikasi Android tersebut, sebaiknya dicabut saja akses guna menjaga keamanan privasi mereka.

“Kami pikir penting bagi orang untuk menyadari bahwa ini ada di luar sana dan bahwa mereka meninjau aplikasi yang mereka gunakan untuk terhubung ke akun mereka,” ujar Lindsay McCallum, juru bicara Twitter, kepada CNBC.

Baca juga: Buruan Update, Aplikasi Bawaan di HP Android Ini Simpan Bug Berbahaya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here