Buruan Update, Aplikasi Bawaan di HP Android Ini Simpan Bug Berbahaya!

0
743
Copyright©Nagarikaibar

Aplikasi Google Camera di HP Android Simpan Bug Berbahaya

Smeaker.com – Selain menyediakan sistem operasi, Google selaku empunya OS Android juga melengkapinya dengan sejumlah aplikasi bawaan. Yang mana aplikasi tersebut nantinya bakal berguna untuk pengguna HP Android dalam beraktifitas.

Maka tidak heran, setiap kali anda membeli smartphone baru maka didalamnya sudah tersedia sejumlah aplikasi bawaan Google yang tidak bisa kalian hapus sesuka hati. Kecuali jika kalian melanggarnya dengan melakukan root pada smartphone.

Baca juga: Hp Android Dengan Layar Bolong ini Dapat Update Android 10, Cek Punyamu!

Namun kini ada kabar kurang baik, dimana salah satu aplikasi milik Google yang tertanam di HP Android telah menyimpan celah keamanan yang cukup berbahaya bagi pengguna. Aplikasi yang dimaksud ini adalah Google Camera.

Copyright©Nagarikaibar

Seperti yang dilaporkan oleh Checkmarx, jika terdapat celah keamanan didalam aplikasi Google Camera dan telah menginfeksi sebagian besar pengguna HP Android Pixel series milik Google, serta sejumlah Hp Samsung yang ada diseluruh dunia.

Baca juga: Bikin Error, Jangan Kalian Update Pembaruan di Hp Android Samsung Tipe Ini!

Memang tidak disebutkan secara detail soal smartphone tipe apa saja yang terserang masalah ini. Hanya saja Checkmarx mengatakan jika ada ratusan juta HP Android yang sudah terinveksi oleh bug tersebut saat ini.

Celah kode keamanan CVE-2019-2234 ini bisa memberikan izin pada sejumlah aplikasi berbahaya untuk masuk serta mengendalikan aplikasi kamera didalam HP Android dengan jarak jauh. Aplikasi ini mampu mengambil gambar maupun video tanpa disadari oleh korban nantinya.

Selain kamera, bug ini rupanya juga mampu memberikan akses kepada hacker untuk membuka memori ponsel secara bebas. Bahkan bisa juga memantau lokasi korban berdasarkan data GPS yang ada didalam sebuah foto. Semua ini bisa dilakukan tanpa disadari oleh korban.

Mengenai masalah ini, Google dikabarkan sudah menyebarkan pembaruan guna menutup celah keamanan didalam HP Android miliknya. Sementara pihak Samsung belum diketahui apakah sudah melakukan hal serupa apa belum.

Baca juga: Hp Android Xiaomi Berdesain Paling Gila Dipamerkan di Indonesia, Mau Beli?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here