Hati-hati Jika Dapat Kiriman Pesan Ini Di WhatsApp, Akunmu Bisa Diretas!

0
36001
Copyright©india today

Celah keamanan Ditemukan kembali dalam WhatsApp, Buruan Update!

Smeaker.com – Kabar buruk datang pada aplikasi pesan instant paling populer saat ini yaitu WhatsApp. Dimana aplikasi tersebut rupanya masih memiliki celah keamanan yang memungkinkan para hacker mengirim kode berbahaya melalui pesan file video dengan format MP4.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Facebook selak induk dari perusahaan WhatsApp dalam sebuah pengumuman. Dalam sebuah pemberitahuan tertulis, celah keamanan yang dimaksud tersebut telah ditemukan sejumlah versi pada aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Face ID dan Touch ID Pada Whatsapp, Udah Bisa?

“Problem ini terletak di proses parsing metadata file MP4 dan bisa digunakan untuk serangan DoS (Denial of Service) atau RCE (Remote Code Execution),” tulis Facebook, dikutip dari laman KompasTekno.

Copyright©india today

Dengan begini, maka celah keamanan yang ada di WhatsApp tersebut bisa dieksploitasi guna melakukan hal-hal seperti mengintip pesan dari pengguna, bahkan yang paling berbahaya bisa mengambil alih akses smartphone pengguna.

Baca juga: Waduh, Smartphone Murah Ternyata Lebih Rentan di Serang Hacker!

Beruntung, pihak WhatsApp dengan sigap langsung memperbaiki celah keamanan yang dimaksud melalui update terbaru. Masalah ini dialami oleh aplikasi WhatsApp dengan versi sebelum 2.19.274 (android), versi 2.19.100 (iOS), dan versi 2.25.3 (Entrprise Client).

Nah agar aplikasi WhatsApp anda aman, maka pastikan jika aplikasi yang anda gunakan saat ini merupakan sudah versi paling baru atau sudah diatas dari versi yang disebutkan tadi. Jika belum, maka silahkan melakukan pembaruan.

Seperti dilaporkan laman The Next Web, pihak WhatsApp memastikan jika tidak ada tanda-tanda mengenai celah keamanan tersebut sempat di eksploitasi oleh hacker sebelum ditambal.

“Kami membuat laporan secara publik tentang potensi-potensi masalah yang sudah diperbaiki sesuai dengan praktik di industri. Dalam kasus ini, kami meyakini bahwa pengguna tak terdampak,” kata pihak WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Selain WhatsApp, Aplikasi Chating Populer Ini Juga Punya Celah Keamanan yang Patut di Waspadai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here