Waduh, Smartphone Murah Ternyata Lebih Rentan di Serang Hacker!

0
406
Copyright©Makeusof

Smartphone Murah Jadi Sasaran Empuk Para Hacker

Smeaker.com – Kryptoware, sebuah perusahaan riset keamanan baru-baru ini mengungkapkan soal penelitiannya. Dimana hp android dengan banderol murah ternyata dinilai sangat mudah untuk diretas para hacker.

Seperti kita tahu, jika dipasar global saat ini memang dibagi dalam beberapa kategori, mulai dari smartphone murah hingga smartphone premium yang dijual dengan banderol harga belasan juta rupiah.

Baca juga: 8 HP Android ini Dapat Update Android 10, Cek Punyamu!

Seperti yang dilaporkan oleh laman Ubergizmo, jika smartphone murah memang memiliki masalah serius. Seperti masalah bug maupun kerentanan yang menjadikan ponsel ini makanan empuk bagi para hacker dalam melakukan aksinya.

Copyright©Makeusof

Penyebabnya, adalah kualitas dari smartphone murah itu memang tidak dirancang seperti pembuatan ponsel premium. Untuk itu, agar tidak menjadi beban serta menyeimbangkan harga jualnya, sejumlah komponen pun tidak di ikut sertakan pihak perusahaan.

Baca juga: Promo Akhir Tahun, Samsung Kasih Diskon Hingga Rp 3.5 juta Hp Android Miliknya!

Sayangnya dalam kesempatan kali ini, Kryptoware tidak menyebutkan secara jelas mengenai merek smartphone yang dimaksud, serta rentan harga smartphone murah berapa yang mengalami masalah ini.

Meskipun tidak menyebutkan brand, namun Kryptoware mengatakan jika kerentanan ini ditemukan pada smartphone yang dikirimkan oleh 29 perusahaan. Disaat bersamaan, Angelos Stavrou, CEO Kryptoware mengatakan, jika Google juga harus bertanggungjawab dalam tingkat tertentu untuk membuat lebih ketat dan teliti mengenai sejumlah aplikasi yang digunakan pada hp android.

“Google bisa meminta melalui kode analisis dan tanggungjawab vendor terhadap software yang mereka masukkan ke dalam ekosistem Android. Legislator dan pembuat kebijakan harus menuntut agar perusahaan bertanggung jawab karena membahayakan keamanan dan informasi pribadi penggunanya,” kata Stavrou, dikutip dari laman Inet.Detik.

Baca juga: 4 Smartphone Murah Xiaomi Harganya Dipangkas Tinggal Segini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here