Menyebalkan, Malware di HP Android ini Tak Bisa Dihapus dan Menggangu!

0
2251
Copyright©BankInfoSecurity

Malware di HP Android ini Cukup Berbahaya

Smeaker.com – Malware merupakan sejenis virus yang sering  kali kita jumpai dalam perangkat elektonik, khususnya seperti smartphone. Dimana penyakit ini memang tak kasat mata, bahkan pada saat menjangkitnya pun kita tidak tahu, dan korban baru menyadari setelah terjadi sejumlah gangguan pada perangkat miliknya.

Biasanya untuk mengatasi malware didalam HP Android, bisa dengan cara melakukan Factory Reset Data atau mengembalikan ke setelan pabrik. Biasanya dengan cara tersebut, maka smartphone bisa benar-benar bersih dari berbagai macam penyakit, sehingga membuatnya seperti pertama kali membelinya dulu.

Baca juga: Hp android Dengan Kamera Putar ini Masuk indonesia Pekan Depan, Harganya Segini?

Namun kali ini ada malware di HP Android yang rupanya tidak bisa dihapus dengan menggunakan cara tersebut, namanya adalah xHelper. Malware ini memang tidak mencuri data atau informasi sensitif dari korban, namun di rancang untuk menampilkan iklan yang sifatnya spam.

Copyright©BankInfoSecurity

Ada fitur yang cukup berbahaya yang dimiliki oleh malware ini, dimana ia bisa secara otomatis mengunduh dan menginstall aplikasi atas nama korban nantinya. Sialnya lagi seperti yang kita sebutkan diatas, malware ini tak bisa kalian hapus dari HP Android meskipun sudah melakukan factory Reset Data.

Baca juga: Harganya Rp 300 Ribuan di Indonesia, Ponsel Murah Nokia Punya Kamera dan Baterai Besar!

Menurut perusahaan keamanan seperti Symantec dan Malwarebytes, mereka percaya jika alasan kenapa aplikasi tersebut tak bisa dihapus karena aplikasi sistem mungkin telah dikompromikan oleh si pengguna HP Android tersebut itu sendiri.

Hal ini dikarenakan, biasanya aplikasi bakal melakukan re-installed setelah melalukan reset pabrik, dengan begini maka sama saja kalian memanggil kembali malware itu kedalam HP Android nantinya.

Sejauh ini memang belum ada cara khusus untuk mengatasinya, namun untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka pastikan kalian mendownload aplikasi dari sumber terpercaya, dan menghindari situs-situs web mencurigakan.

Baca juga: Simpan Dulu Uangmu, HP Android Dengan Kamera 108 MP Segera Masuk Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here