Hapus Sekarang Juga, Aplikasi Android Ini Bisa ‘Curi’ Uang Kamu!

0
14124
Copyright©Tirto

Aplikasi Android Mengandung Malware Resahkan 13 Negara

Smeaker.com – Salah satu keunggulan smartphone berbasis Android ialah memiliki banyak sekali aplikasi didalamnya. Baik itu mulai aplikasi hiburan, aplikasi kerjaan, maupun aplikasi lainnya guna memaksimalkan kemampuan dari perangkat tersebut.

Namun kali ini ada salah satu Aplikasi Android yang sebaiknya kamu hapus sekarang juga, pasalnya aplikasi ini telah disusupi malware didalamnya, dan bisa membobol uang kamu hingga miliaran rupiah.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2019, Gratis!

Aplikasi Android yang dimaksud ini bernama Ai.type, dimana malware ini pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan Internet Upstream Security D. Menurut hasil penelitian mereka, Aplikasi ai.type tersebut bisa merugikan para pengguna hp android.

Copyright©Era

Hal ini dikarenakan, malware yang ada didalmnya bisa melakukan pembelian konten premium secara sepihak tanpa ada izin dari kalian pemilik smartphone tersebut. Cara kerjanya Aplikasi Android ini bisa mengirimkan teks verifikasi sebagai konfirmasi transaksi ke konten premium tanpa diketahui oleh pemilik smartphone.

Baca juga: Mantaplah, HP Android Dengan 5 Kamera Ini Siap Masuk Indonesia!

Aplikasi Ai.type ini diketahui telah menyebabkan masalah di puluhan negara, dan yang paling rentan adalah Mesir dan Brasil. Dari malware yang terdapat didalam Aplikasi Android tersebut, pengguna bisa mengalami kerugian lebih dari USD 18 juta (setara Rp 252 Miliar).

Beruntung karena Upstream telah berhasil mencegah 14 juta transaksi mencurigakan dari 110 ribu pengguna Aplikasi Android itu, sehingga kerugian itu pun tidak sampai terjadi.

ai.type berisi perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) dengan tautan yang telah dikodekan ke iklan dan berlangganan pengguna ke layanan premium tanpa persetujuan mereka. SDK ini menavigasi ke iklan melalui serangkaian pengalihan dan secara otomatis melakukan klik untuk memicu langganan.” Kata Dimitris Maniatis, Head of Secure Upstream D, dikutip dari telset.

Baca juga: Belum Ada Solusinya! Aplikasi Android Berbahaya Ini Tak Dapat Dihapus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here