Simak..!!! Tips Memilih Hard Disk Eksternal

0
8489
Simak..!!! Tips Memilih Hard Disk

Tips Memilih Hard Disk

Info Gadget TerbaruHard Disk merupakan salah satu kebutuhan mutlak bagi pengguna komputer, mengapa demikian ? hal ini dikarenakan perangkat keras hard disk merupakan penyimpanan semua data dari komputer. Semua dokumen pada komputer, gambar, music video, program komputer, aplikasi favorit semuanya disimpan dalam hard disk komputer. Jika hard disk tersebut rusak, maka kita akan kehilangan semua data-data penting pada komputer. Maka dari itu sebagian orang memiliki alasan untuk memiliki sistem pencadangan (backup). Pengguna komputer memilih hard disk lain atau dapat disbut hard disk eksternal dan kemudian menyalin semua file penting ke dalam hard disk eksternal tersebut.

Sekarang kebutuhan pengguna hard disk eksternal laptop semakin hari semakin meningkat. Hal ini dikarenakan terbatasnya kapasitas hard disk internal dalam laptop tersebut. Memilih hard disk memang bukan hal mudah, kita harus mengetahui kualitas hard disk serta seberapa besar hard disk kita butuhkan.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak memilih hard disk eksternal ?? Sistem operasi os x dan windows menggunakan sistem file berbeda (HFS+ dan NTFS), sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat hard disk drive eksternal khusus untuk kedua format tersebut. Meskipun sistem operasi os x dapat membaca file pada hard disk berformat NTFS, namun kita tidak dapat mengedit ataupun menulis di dalam file tersebut. Oleh karena itu, pastikan pada sistem operasi manakah hard disk tersebut akan digunakan.

Simak..!!! Tips Memilih Hard Disk Eksternal

Beberapa Hal yang Harus Kita Perhatikan

Kapasitas Hard Disk

Untuk mengetahui seberapa besar hard disk yang kita butuhkan, kita harus mengetahui bahwa semua data dapat disimpan di hard disk diukur dari berdasarkan besar dokumennya. Setiap dokumen pastinya memiliki kapasitas yang berbeda-beda satu sama lain seperti contoh; kapasitas data pada dokumen teks sangatlah kecil, kapasitas untuk dokumen gambar lebih besar, begitu juga pada music bahkan video, merupakan pengguna kapasitas paling besar.

Hard disk dapat mengetahui perbedaan setiap jenis dokumen berdasarkan ukuran yang dimiliki setiap dokumen. Adapun skala yang digunakan sebuah har disk untuk mengukur sebuah dokumen yakni skala MB (megabyte), GB (gigabyte) dan TB (terabyte). 1 megabyte setara 1 juta byte, 1 gigabyte setara 1 miliar byte sedangkan 1 terabyte setara 1 triliun byte.

Dengan skala ukuran tersebut kita dapat simpulkan, jika kita membutuhkan banyak ruang penyimpanan maka kita harus memilih hard disk internal dengan skala lebih besar. Sama halnya penggunakan skala diatas untuk memilih hard disk eksternal. Jika Anda hanya perlu memindahkan beberapa file saja ke hard disk eksternal untk mencadangkannya maka hal ini dapat dilakukan menggunakan hard disk berkapasitas lebih kecil (500 MB). Namun jika ingin mencadangkan semua file pada komputer, maka harus memilih hard disk berkapasitas jauh lebih besar seperti skala 1 terabyte bahkan bisa lebih.

Kecepatan Rotasi Hard Disk

Yang perlu kita perhatikan juga saat hendak memilih hard disk yakni kecepatan rotasi dari sebuah piringan hard disk. Kecepatan piringan hard disk perlu diperhatikan karena kecepatan piringan hard disk sangat mempengaruhi kecepatan menulis serta membaca data. Piringan yang ada di dalam hard disk akan berputar. Semakin cepat piringan itu berputar, maka semakin cepat pula komputer dapat menemukan file yang dicari. Jika sebuah hard disk berputar pada kecepatan 7200 rpm maka hard disk tersebut menyuguhkan performa jauh lebih baik daripada hard disk dengan kecepatan 5400 rpm. Pada saat sekarang ada beberapa hard disk yang mempunyai kecepatan hingga 10.000 rpm. Adanya hard disk berkecepatan tinggi akan membuat kecepatan menulis serta membaca data jauh lebih bagus serta lebih cepat.

Konektivitas Hard Disk

Setelah kita menentukan kapasitas serta kecepatan hard disk kini saatnya kita menentukan konektivitas hard disk yang sesuai kebutuhan. Saat sekarang hard disk banyak menggunkan port USB untuk menyambungkan ke komputer, adapun versi USB sering digunakan yakni USB 3.0 dan USB 2.0 perbedaan versi USB akan menentukan kecepatan yang dihasilkan. USB 3.0 mampu menciptakan kecepatan 5 gbps, memiliki kecepatan jauh lebih cepat dari pada USB 2.0 sebesar 480 mbps. Lebih spesialnya, USB 3.0 tetap dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0.

Selain itu banyak juga terdapat hard disk sudah menggunakan koneksi lewat port thunderbolt, dimana koneksi port thunderbolt memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dari pada USB 3.0. Port thunderbolt sudah banyak tersedia pada semua laptop maupun komputer terbaru dari Apple, serta beberapa laptop windows mulai menyediakan port thunderbolt. Namun harga hard disk dengan port thunderbolt memiliki harga masih sangat mahal jika dibanding harga hard disk biasa.

Simak..!!! Tips Memilih Hard Disk Eksternal,

Cover Penutup Hard Disk

Hal selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah cover penutup jika pada hard disk eksternal. Jika hard disk hanya digunakan dirumah saja maupun cukup dibawa ke kampus maka kita dapat membeli hard disk yang memiliki pelindung biasa karena harganya jauh lebih murah. Namun jika pengguna merupakan orang aktif ataup bisa dikatan suka berpetualang, maka harus memilih hard disk yang memiliki pelindung kuat dari bahan karet ataupun sejenisnya agar hard disk tersebut tidak mudah rusak ketika kena goncangan bahkan terbentu. Namun hard disk kualitas penutup ini memiliki harga lebih mahal.

Fitur Hard Disk

Hal lain yang harus kita ketahui ketika hendak membeli hard disk eksternal yakni fitur hard disk tersebut. beberapa fitur yang harus ada pada sebuah hard disk adalah fitur backup serta password protection. Serta fitur-fitur lain dapat Anda tentukn sesuai kebutuhan Anda pastinya.

Sekian mengenai beberapa hal yang harus kita perhatikn ketika hendak memilih hard disk, agar mendapatkan hard disk sesuai kebutuhan kita. Semoga informasi mengenai Tips Memilih Hard Disk Eksternal tersebut dapat membantu dan semoga memilih hard disk bukanlah hal yang akan memusingkan Anda. 🙂

Baca Juga: Daftar Harga Hard Disk Internal Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here