Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk…!!!

0
27491
Macam Teknologi Layar Smartphone

Teknologi Layar Smartphone

Info Gadget Terbaru – Semakin berkembangnya dunia teknologi sekarang ini menjadikan industri tekhnologi selluler semakin bersaing serta berlomba-lomba menciptakan smartphone. Hal ini dapat kita lihat pada setiap smartphone dengan performa layar diusung. Masing-masing vendor berlomba-lomba membekali setiap smartphone handal mereka menggunakan jenis layar bertekhnologi tinggi. Seperti kita ketahui sudah banyak tekhnologi layar saat ini, namun mungkin masih banyak yang belum mengerti tentang layar pada smartphone, kualitas layar serta layar smartphone sesuai kebutuhan para pengguna. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai macam teknologi layar smartphone, yuk lihat…!!!

Macam Teknologi Layar Smartphone

Smartphone, jika kita membahas sebuah smartphone pasti tidaklah lupa akan membahas teknologi layar yang digunakan smartphone tersebut. Untuk mengetahui apakah smartphone tersebut sesuai kebutuhan atau tidak, sebelum Anda membeli smartphone lebih baik lihat dulu jenis teknologi layar smartphone, kelebihan serta kelemahan layar. Berikut ulasan mengenai macam teknologi layar smartphone yang juga banyak digunakan oleh smartphone saat ini.

Jenis Layar TFT

Layar TFT (Thin Film Transistor) merupakan tipe layar yang menggunakan teknologi LCD berwarna terbaru, dimana hal itu menjadikan layar tipe TFT mampu menciptakan ketajaman layar warba lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. Tipe layar TFT menempatkan transistor pada setiap piksel layar sehingga dapat dinyalakan dan dimatikan secara individual.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!!

Kelebihan Layar TFT

  • Memiliki ketajaman layar lebih kuat.
  • Dapt menyajikan warna layar sangat baik.
  • Layar jenis TFT memiliki harga pembuatan lebih murah jadi smartphone pengguna layar jenis TFT pasti memiliki harga relatif mrah.

Kelemahan Layar TFT

  • Layar jenis ini akan lebih menguras baterai.

Jenis Layar IPS

Layar IPS (In Plane Switching) merupakan peningkatan atau penyempurnaan dari layar tipe TFT. Adanya layar IPS LCD yakni untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna serta penglihatan lebih bagus dan lebih luas. Hal ini akan membuat layar tipe IPS LCD tetap terlihat baik meski pengguna melihat dari sudut pandang tidak mendukung.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!!

Kelebihan Layar IPS

  • Memiliki tingkat keakuratan dan kedalaman layar yang baik.
  • Layar IPS cocok untuk digunakan potografi, desain grafis dll.
  • Dapat menyajikan gambar serta warna cukup baik dari berbagai sudut pandang.
  • Saat penggunaan disiang hari (dibawah sinar matahari) akan terlihat cukup jelas.

Kelemahan Layar IPS

  • Jenis layar IPS masih termasuk boros dalam penggunaan baterai, untuk mencegahnya kita dapat mengatur pada tampilan pencahayaan dan mengurangi tampilan tersebut.

Jenis Layar OLED

Layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) memiliki ukuran layar tipis serta fleksibel. Layar OLED merupakan komonen terdiri dari film tipis berasal dari molekul organic sehingga mampu menciptakan cahaya karena adanya rangkaian listrik. OLED sendiri terbuat dari bahan organik berbasis karbon sehingga dapat memancarkan cahaya ketika dialiri listrik.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!! OLED

Kelebihan Layar OLED

  • Layar OLED memiliki ukran lebih tipis serta fleksibel.
  • Lebih ringan serta sudut pandang jauh lebih baik.
  • Dari segi daya, layar OLED memiliki konsumsi daya lebih rendah.
  • Memiliki warna, tingkat terang, serta tampilan sudut pandang sangat luas.
  • Biaya operasional layar OLED relatif murah serta sederhana jika dibandingkan LCD.

Kelemahan Layar OLED

  • Layar OLED kurang maksimal atau mengalami penurunan kualitas ketika digunakan dibawah pancaran sinar matahari.

Jenis Layar AMOLED

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang menggunakan sepasang bagian layar dari TFT tradisional serta jenis layar OLED. Hal ini membuat layar jenis AMOLED memiliki waktu respon jauh lebih cepat. Layar AMOLED mampu menghasilkan tingkat kehitaman layar lebih gelap, warna lebih cerah serta tampilan layar dapat terlihat lebih jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Layar AMOLED yang ekstra tipis membuat layar tipe ini tidak perlu menggunakan cahaya latar.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!!-AMOLED

Kelebihan Layar AMOLED

  • Penggunanan layar tipe AMOLED lebih menghemat daya dibandingkan layar tipe TFT maupun IPS.
  • Memiliki kecepatan respon lebih cepat.
  • Warna yang dihasilkan jauh lebih cerah.

Kelemahan Layar AMOLED

  • Kebanyakan smartphone yang sudah menggunakan layar tipe AMOLED adalah smartphone kelas premium.

Jenis Layar Super AMOLED

Layar Super AMOLED sesuai nama yang disandang super, pasti jenis layar ini memiliki keistimewaan lebih daripada layar AMOLED. Jenis layar Super AMOLED diklaim memiliki kemampuan lebih baik saat berada dibawah sinar matahari.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!!-Super AMOLED

Kelebihan Layar Super AMOLED

  • Memiliki kemampuan lebih baik saat berada dibawah sinar matahari.
  • Menampilkan kualitas gambar lebih baik.
  • Menampilkan tulisan lebih baik daripada AMOLED

Kelemahan Layar Super AMOLED

  • Hanya terdapat pada smartphone highclass

Layar Jenis Super AMOLED Plus

Layar Super AMOLED Plus merupakan jenis layar terbaru saat ini, pertama kali layar Super AMOLED plus digunakan pada smartphone Samsung Galaxy S ll. Untuk jenis layar Super AMOLED Plus memiliki layar lebih cerah serta hemat energi apabila dibandingkan layar Super AMOLED. Selain itu layar jenis Super AMOLED Plus mampu menghasilkan gambar lebih tajam serta lebih detai karena memiliki peningkatan jumlah subpiksel.

Macam Teknologi Layar Smartphone, Lihat Yuk...!!!-Super AMOLED Plus

Macam-macam teknologi layar diatas memang memiliki macam berbeda-beda, begitu juga pada kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing tipe layar. Dari spesifikasi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat ini, layar tipe Super AMOLED Plus memiliki kedudukan paling bagus diantara tipe layar lainnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Macam Teknologi Layar Smartphone, semoga informasi ini dapat membantu Anda. 🙂

Baca Juga: Tips Mengatasi Smartphone Lambat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here