Benarkah Fast Charging Bisa Bikin Baterai HP Android Meledak? ini Faktanya!

0
1069
Copyright©techno.okezone

Amankah Teknologi Fast Charging di HP Android Saat ini?

Smeaker.com – Di era perkembangan zaman saat ini, memang dunia teknologi makin berkembang pesat ya. Dimana semua teknologi jadul pun kini mulai tergantikan posisinya, dan keberadaan teknologi terbaru membuat kehidupan manusia lebih baik lagi.

Nah salah satu teknologi yang kini sedang booming banget adalah Fast Charging. Hampir semua HP Android terbaru sekarang dibekali dengan teknologi tersebut, meskipun dengan kapasitas atau kemampuan masing-masing.

Baca juga:  Jangan Beli Sekarang, Realme Bakal Diskon HP Android Miliknya hingga 50% Pekan Depan!

Yang paling baru adalah fast charging milik Vivo yang memiliki kemampuan daya 120W, ini adalah angka tertinggi saat ini. Dengan kemampuan pengisian daya super cepat tersebut, lantas timbul pertanyaan dikalangan netizen, Amankah teknologi fast charging di HP Android tersebut?

Pasti semua orang setuju, jika yang paling ditakutkan oleh para pengguna HP Android adalah Overheating, dimana kondisi baterai ponsel panas dan akhirnya bisa menimbulkan ledakan atau kebakaran pada ponsel tersebut.

Copyright©techno.okezone

Ada banyak penyebab terjadinya hal tersebut, mulai dari suhu ruangan, ponsel digunakan sambil di charge, atau bisa jadi karena arus daya listrik yang masuk kedalam baterai HP Android tersebut terlalu tinggi bisa menyebabkan baterai jadi rusak nantinya.

Baca juga:  HP Android Dengan 5 Kamera Ini Segera Masuk Indonesia, Mau Beli?

Jika tegangan tinggi terlalu berbahaya pada baterai HP Android, lalu kenapa teknologi fast charging dikembangkan dan dianggap aman? Bagi orang awam tentu ini menjadi hal rumit untuk dicari jawabannya, yang jelas faktanya saat ini belum ada keluhan mengenai teknologi tersebut.

Ibaratnya, Fast Charging ini membuka pintu lebih besar untuk arus listrik bisa masuk kedalam baterai dibandingkan dengan charger smartphone pada umumnya. Namun apakah sesimpel itu penjelasannya? Tentu tidak.

Didalam HP Android yang didukung teknologi fast charging sudah dibekali dengan teknologi pengontrol, dimana teknologi ini mampu memantau tingkat pengisian daya, suhu, beban, serta status baterai. Dengan begini maka dipastikan tidak akan ada overheating ataupun kerusakan baterai dengan teknologi tersebut.

Lantas, apakah teknologi Fast Charging HP Android ini layak digunakan? jawabannya pasti layak jika memang ponsel kalian mendukung teknologi tersebut.

Namun jangan sesekali mencobanya pada HP Android lawas yang tidak didukung oleh teknologi ini, karena dikhawatirkan terjadi masalah seperti yang kita bahas diatas tadi yakni arus daya tinggi bisa merusak baterai dan menyebabkan overheating.

Baca juga:  Layak Kamu Beli, Berikut Daftar HP Android Paling Kencang Bulan Oktober 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here