Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android

1
49552

Mengenal Jenis-Jenis Graphics Processing Unit (GPU)

Info Gadget Terbaru – Mendengar istilah GPU tak lain merupakan kepanjangan dari Graphics Processing Unit. Jika kita mendengar GPU pasti kita akan ingat pada smrtphone terutama Android, ya memang benar GPU banyak digunakan pada smartphone Android. Meski banyak pengguna smartphone sudah mengetahui tentang GPU mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu GPU, fungsi GPU atau GPU seperti apa yang sesuai kebutuhan kita ketika hendak membeli smartphone Android. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi segala hal mengenai GPU terutama jenis-jenis GPU yang banyak digunakan pada smartphone Android.

Apa Itu Graphics Processing Unit (GPU) ???

Graphics Processing Unit atau GPU merupakan chip tambahan dari CPU yang berfungsi sebagai kunci utama dalam mengolah grafis. GPU pertama kali di pelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 melalui peluncuran GPU pertama di dunia yakni GPU GeForce 256. GPU memiliki fungsi berbeda dengan CPU, jika CPU hanya memiliki beberapa core tapi GPU memiliki ribuan core. Maka dari itu GPU ini sangat penting untuk kinerja sebuah smartphone Android, terutama ketika digunakan untuk bermain game 3D kelas tinggi. Bhkan dapat dipastikan semakin smartphone memiliki GPU berkualitas tinggi, maka harga smartphone Android tersebut semakin melambung tinggi.

Jenis-Jenis Graphics Processing Unit (GPU)

  1. PowerVR

PowerVR sudah lama menggeluti dunia GPU, PowerVR adalah buatan dari video logic. Jenis GPU PowerVR tidaklah di produksi berupa bentuk jadi oleh video logic. Melainkan mereka membuat draft arsitekturnya kemudian dijual lisensi tersebut kepada produsen prosesor terkemuka diantaranya NEC, Intel, Freescale serta Texas Instruments. PowerVR sekarang lebih menggeluti bidang mobile processing yang sampai sekarang dapat kita lihat dari produk PowerVR yang terdapat pada produk Apple seperti iPod dan iPhone. Produk dari PowerVR terbaru dapat kita temukan di iPhone 5S yakni PowerVR G6430.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android-PowerVR

  1. Tegra

Berikut tingkatan Tegra yang kami ketahui, Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 serta Tegra K1. Tegra merupakan salah satu SoC paling terkenal serta tercepat didunia. Tegra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player zune HD, karena Zune tidak memiliki App store makan itu tidak terlalu berpengaruh pada Tegra. Kemudian pada tahun 2010 Tegra 2 diumumkan serta cukup banyak digunakan pada tablet diantaranya Galaxy Tab 10.1 serta Acer Tab A200.

Pada tahun 2011 Tegra 3 diumumkan serta mengalami peningkatan sangat tajam. Namun disayangkan GPU Tegra 3 ini masih belum banyak digunakan pada smartphone. Hal ini disebabkan karena pada masa itu belum bnyak terdapat game Android, sehingga membuat para produsen smartphone menganggap bahwa Tegra 3 memiliki keceptan terlalu cepat.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android-Tegra

Tingkatn Tegra 4 juga mengalami hal sama dengan Tegra 3, bahkan pengguna Tegra 4 lebih sedikit dibandingkan Tegra 3. Terakhir NVIDIA mengumumkan Tegra K1, Tegra K1 merupakan SoC tercepat di dunia. Namun sampai saat ini masih belum ditemui smartphone yang menggunakan GPU jenis Tegra K1.

  1. Adreno

GPU seri Adreno merupakan pabrikan ATI yang dulu disebut seri ATI imageon. ATI merupakan anak perusahaan AMD. Pada tahun 2008 AMD Imageon dijual kepada salah satu produsen prosessor terkenal yakni Qualcomm. Setelah Qualcomm membeli AMD kemudian mengubah namanya menjadi Adreno juga merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Adreno sendiri juga memiliki beberapa tingkatan.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android-Adreno

  • Adreno 130, ada pada SOC Quallcom seri MSM7xxx
  • Adreno 200, ada pada pada QSD8x50. Adreno seri ini biasa dipakai untuk menghandle Android kelas low-end (spesifikasi rendah, dengan prosesor 600-800 MHz).
  • Adreno 205 di QSD8x50A (1.3 GHz), MSM7x30 (800 MHz+L2 cache), MSM8x55 (1 GHz+L2 cache).
  • Adreno 220, merupakan seri terbaru serta Adreno 220 sering dipakai untuk menghandle Android kelas Mid-End dan High-End (smartphone memiliki spesifikasi tinggi serta prosesor diatas 1GHz).
  • Adreno 225
  • Adreno 230
  • Adreno 302
  • Adreno 305
  • Adreno 320
  • Adreno 330

Rumor mengatakan bahwa Adreno nantinya akan hadir generasi selanjutnya yakni Adreno 420 yang dipadukan dengan prosesor snapdragon APQ8084.

  1. Mali

GPU seri Mali merupakan arsitektur buatan ARM, ARM memang kurang familiar ditelinga kita. Namun kebanyakan smartphone sekarang banyak yang menggunakan seri ini. Seri-seri GPU Mali banyak dipakai mulai dari HDTV, game console (PS3), hingga smartphone. Pada tahun 2005, ARM digunakan pada 95% dari seluruh smartphonedi dunia. Seri GPU Mali tercepat saat ini adalah versi MAli T-720, namun belum banyak digunakan pada smartphone.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android-Mali

5. VideoCore Broadcome

GPU VideoCore Broadcome jenis GPU yang memerlukan konsumsi daya rendah keluaran dari produsen teknologi Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. VideoCore Broadcame menggunakan arsitektur DSP dual dimensi yang membuatnya lebih fleksibel dan efisien.

Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi mengenai Jenis-Jenis GPU Pada Smartphone Android dapat menambah informasi Anda mengenai Graphics Processing Unit (GPU) serta mengenal jenis-jenis GPU lebih baik. 🙂

Baca Juga: Mengenal jenis-jenis Prosessor Pada Smartphone

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here