Review “Landscape Game”, Game Lingkungan Hidup

0
8647
Review “Landscape Game”, Game Lingkungan Hidup.

Smeaker.com – Game merupakan salah satu permainan yang banyak digemari baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain untuk mengisi waktu luang game juga dapat menjadi hiburan buat seseorang yang lagi suntuk dengan segala masalah yang dimiliki. Kali ini ilmuwan Indonesia telah menciptakan sebuah game yang tidak hanya untuk permainan saja, melainkan untuk menambah pengetahuan dalam lingkungan hidup, Game tersebut diberi nama Landscape Game.

Landscape Game merupakan game lingkungan hidup, sebuah game menantang yang akan menantang pemainnya untuk dapat menjaga keseimbangan perkembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. Selain menarik dan juga menyenangkan, Landscape Game juga dapat menambah wawasaan kita mengenai lingkungan hidup.

Landscape Game sebenarnya sudah dibuat pada tahun 2008 pada awalnya game ini berupa board game atau game fisik yang menggunakan papan permainan serta aksesoris seperti permainan Monopoli. Landscape Game sudah terkenal di kalangan akademisik, aktifis NPO (non-profit organization) maupun komunitas yang peduli terhadap pelestarian hutan, tidak hanya dindonesia saja melainkan sampai kawasan mancanegara. Banyaknya permintaan untuk Landscape Game dari luar negeri seperti dari Eropa dan Amerika Latin.

Landscape Game diciptakan oleh Herry Purnomo, seorang ilmuwan dari sebuah organisasi penelitian di bidang kehutanan yang berpusat di Bogor CIFOR (Center for International Forestry Research). CIFOR menggandeng Agate Studio dari bandung untuk merilis game lingkungan hidup Landscape Game.

Review “Landscape Game”, Game Lingkungan Hidup

Pencipta mempunyai maksud menciptakan Landscape Game ini sebagai pembelajaran buat yang ingin mengelola sumber daya alam secara baik. Game ini juga menantang pemainnya agar dapat menjaga keseimbangan dalam pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup.

Permainan ini banyak menantang pemainnya untuk mengambil keputusan yang tepat mirip dengan permainan monopoli. Contoh yang akan terjadi dalam game Landscape Game; seorang pemain akan bertemu dengan masalah pemain harus menebang pohon dengan keuntungan jangka pendek, namun hal itu akan berdampak buruk terhadap lingkungan atau membuat wisma ramah lingkungan dengan keuntungan lebih lama didapat namun memberikan hasil positif bagi lingkungan. Pemain yang mengabaikan faktor pelestarian lingkungan akan mendapat kerugian yang besar jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam. Permainan ini seperti hal nyata yang kita alami dalam kehidupan nyata.

Landscape Game ini dapat dimainkan oleh 1-4 ataupun 5 orang dan salah satu pemain Landscape Game akan menjadi pihak dari pemerintahan. Uniknya lagi pemain yang mempunyai peran sebagai pemerintahan mempunyai hak untuk memberi subsidi, insentif serta mengatur pajak. Sedangkan pemain lain dapat melakukan negosiasi dengan pemerintah untuk membuat regulasi dalam bisnis tertentu. Game ini dibuat berdasarkan kehidupan nyata yang benar-benar terjadi di lapangan.

Landscape Game untuk sementara ini sudah tersedia pada Android atau dapat juga dimainkan secara online dan bermain dengan teman online lainnya. Sementara untuk versi iOS dan Windows Desktop dalam waktu dekat akan di rilis.

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh Landscape Game diantaranya;

  • Game ini dapat dimainkan secara online dan bersama teman lain yang sedang online juga.
  • Dapat dimainkan oleh 1-4 pemain bahkan hingga 5 pemain sekaligus dan salah satu pemain menjadi pihak dari pemerintah.
  • Landscape Game memiliki beberapa tema yang dapat dipilih pemain seperti Pulau Jawa, Kongo hingga hutan Amazone.
  • Landscape Game tersedia daam 4 bahasa diantaranya bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, dan bahasa Spanyol.

Anda penasaran dengan Landscape Game tersebut, Anda sudah dapat mencobanya secara online maupun pada Android Anda,mengenai Landscape Game lihat info Landscape Game.

Baca Juga: Harga Lenovo K3 vs Lenovo A319, Duel Lenovo Android KitKat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here