Mengenal Sistem Operasi Android, Kelebihan Android Lollipop Terbaru

0
32833
Mengenal Sistem Operasi Android, Kelebihan Android Lolipop Terbaru

Sistem Operasi Android Terbaru

Android v.5.0 Lollipop – Seiring dengan gemparnya pemberitaan bahwa vendor pesaing Apple telah merilis versi sistem operasi mobile yang dikenal dengan iOS, kabarnya Apple baru-baru ini akan merilis sistem operasi mobile iOS versi 8.02 yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi mobile yang dipakai di Iphone atau Ipad. Mendengar pemberitaan tersebut google juga tak ingin kalah, dengan merilis sistem operasi mobile Android terbaru tentunya dapat diharapkan menyaingi sistem operasi iOS milik Apple. Versi Android terbaru ini merupakan versi lanjutan dari android sebelumnya yang kali ini google menerangkan bahwa versi terbaru dari sistem operasi mobile Android ini diberi nama dengan Android Lollipop atau versi 5.0 dari sistem operasi Android.

Sebelum kita mengenal lebih dekat dengan sistem operasi Android terbaru tersebut, alangkah baiknya kita flashback sebentar untuk mengingat dan mengenal dari awal dari sistem operasi Android. Kali ini saya ulas sedikit dari versi android yang pertama kali dirilis di dunia untuk sistem operasi berbasis mobile. Yang pertama ada sistem operasi Android versi 1.0 yang mana pertama kali dirilis pada bulan september 2008, perangkat Android pertama kali tersedia secara komersial adalah pada HTC Dream, dengan memiliki fitur seperti Android market, penjelajahan web, sinkronisasi Gmail, google maps, google search. Kemudian pada tahun 2009 sekitar bulan Februari dirilislah versi Android v.1.1, awalnya hanya untuk HTC Dream dan versi ini untuk memperbaiki beberapa bug, mengubah API Android, dan menambahkan fitur seperti, rincian dan tinjauan, kemampuan menampilkan / menyembunyikan tombol panggilan, menyimpan lampiran pesan.

Sekitar akhir bulan April tahun 2009 versi Android 1.5 dirilis menggunakan kernel linux 2.6.27, versi ini adalah rilis pertama kali yang secara resmi menggunakan kode berdasarkan nama-nama makanan pencuci mulut ( Cupcake), dan seterusnya nama itu digunakan untuk semua versi rilis selanjutnya. Versi terbaru ini juga memperbarui beberapa fitur baru dan perubahan seperti, dukungan papan ketik virtual, widget, kemampuan merekam dan memutar video berformat MPEG-4, foto untuk kontak terfavorit, tanggal dan waktu ditampilkan pada log panggilan, transisi layar animasi, opsi memutar otomatis, animasi boot baru. Selang beberapa bulan sekitar bulan September 2009, SDK Android v.1.6 dirilis dengan dinamai donut berdasarkan kernel linux 2.6.29. Fitur-fitur baru yang dibawa adalah seperti, entri pencarian teks dan suara, pembaruan dukungan teknologi bagi CDMA/EVDO, dukungan bagi resolusi layar WVGA.

Berikutnya SDK Android 2.0 dirilis dan dinamai Android Eclair dengan berbasis kernel linux 2.6.29, dengan fitur tambahan seperti mengoptimalkan kecepatan perangkat lunak dan perubahan UI, dan sebagainya. Sebulannya lagi SDK Android merilis untuk versi Eclair yang baru yaitu 2.0.1 yang membedakan adalah pada perubahan API minor, perbaikan bug dan kerangka kerja. Awal tahun 2010 SDK Android merilis versi Eclair baru lagi yaitu versi 2.1 yang membawa perubahan di API dan perbaikan bug saja. Dipertengahan tahun sekitar bulan Mei 2010, SDK Android merilis versi 2.2(Froyo, singkatan untuk Frozen yogurt) yang dirilis berbasis kernel 2.6.32 dengan perubahan sedikit significant yaitu terdapat fitur pembesaran gambar pada galeri, dan sebagainya.

Mengenal Sistem Operasi Android, Kelebihan Android Lolipop Terbaru

Pada akhir tahun 2010, SDK Android 2.3 (Gingerbread) dirilis dengan berbasis kernel linux 2.6.35 yang membawa perubahan pada fitur seperti, memperbarui antar muka, dukungan sensor yang semakin lebih banyak, dan masih banyak yang lain lagi. Untuk versi Gingerbread ini sendiri ditahun 2011 banyak mengalami pembaruan secara sigkat dimana mulai versi Gingerbread 2.3.3, versi 2.3.4, versi 2.3.5, dan terakhir versi 2.3.6 terus mengalami pembaruan dari segi interface dan fitur yang semakin memanjakan penggunanya. Di tahun 2011 awal juga SDK Android sebenarnya juga merilis versi 3.0 (Honeycomb) yang mana pembaruan versi tersebut untuk ditujukan pada komputer tablet. Pertama kali versi ini dirilis pada tablet motorola Xoom yang membawa perubahan pada pengoptimalan setiap fitur di versi sebelumnya. Pertengahan tahun 2011 pembaruan versi 3.1 juga dilakukan dan dirilis sekitar bulan Mei dengan memperbaiki user Interface dan konektifitas. Berlanjut samapai akhir tahun 2011 google tv generasi pertama dan kedua menggunakan Honeycomb 3.2.

Sekitar bulan Oktober 2011 SDK Android 4.0.1 (Ice Cream Sandwich), berdasarkan kernel linux 3.0.1 dirilis oleh petinggi google dan menyatakan kalau versi 4.0.1 ini dipastikan kompetible dengan v.2.3 sebelumnya. Pada versi ini sendiri membawa banyak pembaruan. Akhir tahun 2011 versi 4.0.3 dan 4.0.4 seiring berjalan dirilis untuk memperbarui versi sebelumnya. Dan pada awal tahun 2012 SDK Android merilis untuk versi 4.1 (Jelly Bean) untuk meningkatkan UI dan optimasi dari versi Android. Pada bulan November 2012 SDK Android telah merilis versi Android 4.2 Jelly Bean yang membawa pembaruan untuk kebutuhan pengguna Android dijamannya. Sedangkan di tahun 2013 telah dirilis versi android Jelly bean yang terakir yaitu 4.3, perangkat nexus 7 generasi kedua adalah perangkat pertama kali yang menggunakan veri ini. Pada tahun 2013 versi Android 4.4 (Kitkat) dirilis dengan membawa banyak perubahan dan fitur canggih saat ini.

Itulah perkembangan Android dari pertama rilis sampai yang saat ini, berikutnya penulis akan mengulas mengenai sistem operasi Android yang akan datang baru-baru ini yaitu Android Lollipop. Berikut ulasan untuk lebih mengenal versi Android Lolipop, apa saja kelebihan yang dibawa Android Lollipop dari versi yang sebelumnya.

Kelebihan Android Lollipop

Mengenal Sistem Operasi Android, Kelebihan Android Lolipop Terbaru

Android 5.0 Lollipop memiliki notifikasi dan menu recent App baru yang mana pemberitahuan selalu menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh smartphone, karena hal ini dapat menjadi indikator dan membantu pengguna nantinya. Di versi Android Lolipop ini kelebihan untuk layanan tersebut adalah dimana smartphone sedang dalam keadaaan terkunci, namun user dapat mengakses video dan sebagainya.

Dilengkapi dengan project volta, untuk meningkatkan daya hidup baterai, jadi dengan fitur tersebut dapat menghemat daya smartphone yang mana saat ini kebutuhan daya semakin menjadi salah satu faktor kebutuhan utama bagi para pengguna smartphone. Dengan versi Android Lolipop yang memiliki fitur dan kelebihan tersebut dapat membantu para pengguna smartphone yang semakin pesat.

Memiliki ART compiler, yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja smartphone, jadi dengan layanan fitur tersebut pengguna dapat leluasa ketika sedang ingin meningkatkan kinerja smartphone. Meskipun pada perkembangan teknologi saat ini kinerja android mendukung banyak aplikasi dengan processor 64- bit. Dengan layanan fitur ART compiler hal itu sudah bukan menjadi suatu hal yang dikhawatirkan lagi, karena meskipun berbeda dukungan processor yang masih 32-bit.

Android Lollipop memiliki tampilan yang disebut google dengan teknologi Material Design, tentunya teknologi tersebut menambah tingkat user interface atau tingkat antar muka sistem operasi yang menambah tampilan menjadi cantik dan nyaman ketika pengguna sedang mengakses smartphonenya dengan sistem operasi Android Lollipop.

Tingkat keamanan, yang mana pada versi sistem operasi android ini lebih aman karena bukan menjadi sebuah ironi lagi kalau masyarakat sekarang khususnya pengguna smartphone tidak bisa lepas dengan smartphone. Hal ini tentunya sudah dipikirkan oleh Android untuk memberikan keamanan pada smartphone yang dimiliki nanti, dengan sistem Linux yang terkenal anti malware dan fitur keamanan Android Smart Lock, tentunya hal ini akan mengintegrasikan keamanan dua pernagkat, dimana salah satu perangkat hanya akan dapat dibuka bilamana diakses melalui perangkat pasangannya.

Sekilas kita dapat mengenal sistem operasi mobile Android Lollipop tersebut yang akan dirilis sebentar lagi. Dengan membawakan beberapa fitur pilihan yang sangat membantu para pengguna smartphone nanti, tentnya akan banyak vendor smartphone yang akan melirik versi Android Lollipop 5.0 tersebut untuk mendukung produk barunya. Dan yang pasti untuk smartphone canggih saat ini pastinya akan berbondong-bondong mengupgrade ke versi terbaru Android yaitu versi Android 5.0 Lollipop tentunya ketika Android lollipop ini resmi dirilis di dunia. Kita tunggu sama-sama kapan untuk versi Android Lollipop ini dirilis dan dapat digunakan atau diupgrade oleh pengguna smartphone yang masih memakai versi sebelumnya. Sekian bahasan mengenasi sistem operasi tebaru Android v 5.0 Lollipop, semoga pembahasan kali ini dapat membantu para pecinta dunia teknologi smartphone atau gadged untuk lebih update, itu yang penukis harapkan.Samapai bertemu lagi dengan informasi teknologi terbaru berikutnya.

[quote_center]Baca Juga : Harga Evercross A7E, Smartphone Kitkat dibawah 1 Juta[/quote_center]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here