PNS Dilarang Pakai WhatsApp, Aplikasi Ini Sebagai Gantinya!

0
4749
Copyright©The Standard

Aplikasi Pengganti WhatsApp Tersedia di Play Store

Smeaker.com – Saat ini WhatsApp memang masih menjadi aplikasi pesan instant yang sangat populer. Tidak hanya di Indonesia saja, namun WhatsApp menjadi aplikasi yang banyak digunakan diseluruh dunia.

Namun kini, ada kabar yang cukup menarik. Dimana pemerintah negara Perancis telah memberlakukan sebuah peraturan baru yang cukup nyeleneh, dimana sejumlah PNS disana dilarang untuk menggunakan aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Bisa Dijadwal, Begini Cara Mengirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

Sebagai gantinya, mereka mengumumkan Tchap, sebuah aplikasi pesan instant bikinan dalam negeri. Nah dirilisnya aplikasi ini, dimaksudkan sebagai ganti WhatsApp maupun Telegram untuk alat komunikasi pemerintah setempat.

Copyright©Tchap

Namun tak semua kalangan bisa menggunakan aplikasi Tchap ini, hanya para pegawai pemerintah Perancis saja yang bisa mendaftarkan diri atau membuat akun pesan instant pengganti WhatsApp tersebut.

Baca juga: Resmi Dirilis Dengan Spesifikasi Mantap, Harga Redmi Y3 Dijual Murah!

Dirilisnya aplikasi Tchap ini memang dimaksudkan agar nantinya obrolan dari para pegawai dan instansi pemerintah (PNS) di Perancis, tidak sampai disimpan oleh server dari negara lain, dalam hal ini dimaksud adalah WhatsApp dan Telegram yang sangat rentan di intip oleh pihak asing.

Untuk server dari aplikasi Tchap ini berada di negara Perancis sendiri, meskipun begitu percakapan dari para pengguna pun juga masih tetap diamankan dengan enkripsi mirip seperti yang dimiliki oleh WhatsApp. Dengan begini privasi dari pengguna pun masih tetap terjaga.

Namun ironisnya, dihari yang sama waktu peluncuran aplikasi pengganti WhatsApp tersebut, telah ditemukan sebuah bug. Dan hal ini membuat sesorang yang berprofesi diluar kalangan pemerintah Perancis masih bisa mendaftarkan akun di Tchap ini.

Dan beruntung, pihak pemerintah pun dengan cepat langsung merespon dan menambal celah keamanan tersebut. Aplikasi pengganti WhatsApp ini juga sudah tersedia di Play Store dan App Store, namun tetap pemerintah Perancis saja yang bisa mendaftar.

Baca juga: Waspada Jika Dapat Pesan Begini, Akun WhatsApp Kamu Bisa Dibajak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here