Software Penerjemah Tangisan Bayi Ciptaan Mahasiswa Ini Jadi Salah Satu Finalis Imagine Cup 2018

0
414
Imagine Cup 2018
Copyright©Microsoft

Terdapat 3 Teknologi Paling Hebat Ciptaan Mahasiswa yang Bakal Memasuki Babak Final

SmeakerImagine Cup menjadi ajang kompetisi yang digelar secara rutin oleh pihak Microsoft, dan di tahun 2018 ini Indonesia harus bangga lantaran peserta asli Tanah Air berhasil membuat Drone canggih yang mampu mengawasi perkembangan pertanian dan diberi kesempatan untuk dipamerkan di kantor utama raksasa software tersebut.

Akan tetapi untuk yang menjadi kandidat juara adalah Tim Mahasiswa yang berasal dari Jepang, Yunani dan juga Kanada. Untuk Tim dari Jepang ini berhasil menghadirkan solusi Mediated Ear yang mana merupakan software pembantu tuna rungu, dengan menggunakan software ini Tuna rungu dapat fokus mendengarkan ke suatu orang saja di tengah percakapan yang ramai.

Simak Nih: Ikuti Jejak Samsung, Microsoft Daftarkan Paten Perangkat Layar Lipat ? Seperti Apa

Mediated Ear ini dapat relay suara tertentu lewat gelombang audio, melalui kemampuan deep learing. Sedangkan untuk Tim dari Yunani menghadirkan solusi iCry2Talk yang mana dapat membantu jalinan komunikasi yang baik antara Ibu dengan sang bayi.

iCry2Talk
Copyright©Microsoft

Diklaim untuk software ini mampu menerjemahkan tangisan bayi, melakukan analisa dan baru menentukan kondisi psikologis dari sang bayi dalam bentuk teks, gambar maupun pesan suara. Dengan begini Ibu dapat mengerti mengapa anaknya menangis, dan dapat dengan segera menuruti apa permintaannya.

Ketahui Yuk: HMD Global Persiapkan Smartphone Lebih Premium dari Nokia 8

Sedangkan Tim asal Kanada berhasil lolos ke babak Final Imagine Cup 2018 ini membawa teknologi canggih SmartARM buatannya. Dengan menggunakan solusi Microsoft Azure Computer Vision, lengan robot pintar ini dapat mengenali obyek yang akan dipegang sehingga dapat melakukan penyesuaian seberapa besar tekanan yang harus diberikan agar tidak tersakiti.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya tambahan teknologi Machine Learning pada tangan robot ini. Maka semakin sering lengan ini digunakan, kemampuan pengenalan terhadap suatu benda maupun obyek akan menjadi lebih akurat.

Untuk ketiga finalis ini nanti bakal mempresentasikan produk ciptaannya pada ajang puncak Imagine Cup 2018 yang akan digelar pada hari ini dan akan dinilai langsung oleh CEO Microsoft bernama Satya Nadella di Redmond, Washington. Kira-kira menang siapa ya?

baca juga: Penjualan Nokia 6 (2018) Dihentikan di Negara Ini, Desain Kurang Menarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here