Inilah Cara Ampuh, Jauhkan Buah Hati dari Kecanduan Gadget !

0
1938
[email protected]

Buah Hati Kecanduan Main Gadget ? Jauhkan dengan Cara ini

Smeaker.com – Anak-anak jaman sekarang yang tak dapat lepas dari perangkat namanya gadget. Tak jarang mereka ke-asyikan bermain gadget, sehingga gadget merupakan barang yang wajib dibawa kemana saja. Dan hal tersebut membuat anak ketergantungan dengan gadget.

Baca Juga : Anti Skimming, Ini Dia Tips Agar Terhindar Dari Pencurian Data ATM

Apabila anak anda mengalami kecanduan gadget, carilah cara untuk menghilangkannya. Berikut tips agar anak lepas dari kecanduan gadget.

[email protected]

1 Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Cara ini merupakan cara yang sederhana supaya anak-anak tak lagi ketergantungan dari gadget. Dimana durasi penggunaan gadget harus dibatasi. Misalnya dalam sehari hanya boleh bermain gadget selama 1 jam saja. Tentukan jadwal yang sama setiap harinya. Misalnya, hanya boleh bermain gadget setelah bangung tidur di siang hari.

2 Mengalihkan Perhatian Anak dengan Permainan Lain

Mengalihkan perhatian anak juga cara paling unik. Mengganti dengan aktivitas gadget dengan permainan fisik yang menarik serta dapat mengasah kemampuan anak. Ajaklah anak bermain agar mengalihkan perhatian dari gadget, misalnya membuat kerajinan tangan, membuat kardus mainan, atau membuat kue di dapur.

Baca Juga : Tips Membuat Foto Selfie yang Mendatangkan Banyak ‘Like’

3 Menjauhkan Gadget dari Jangkauan Anak

Jauhkan gadget dari jangkauan anak. Apabila anak sudah memiliki gadget sendir, disarankan orang tuanya menyimpan, sehingga anak tidak dengan mudah untuk bermain semaunya sendiri. Simapn gadget ditempat yang aman yang tak diketahui oleh anak, agar tidak mudah untuk diambil dan dipakai bermain.

4 Luangkan Waktu Sebagai Orang Tua

Karena sibuknya orang tua sehingga tak ada waktu untuk berkumpul bersama anak. Sehingga ini yang mengakibatkan anak jug amenyibukkan diri dengan gadgetnya. Untuk itu, orang tua disarankan mampu meluangkan waktu bersama anak. Meski hanya sebentar saja,

misal dengan ngobrol santai di rumah atau melakukan aktivitas bersama yang dapat menambah keakraban anak dengan orang tua. Dengan adanya orangtua, sang anak tak lagi merasa kesepian dan juga merasa mendapat perhatian dari orang tua, sehingga tidak perlu bermain gadget sebagai pelarian.

Baca Juga : Biar Kekinian, Ini Dia Tips Memotret Makanan dengan Smartphone Biar Instagramable!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here