Waduh, 87 Juta Data Pengguna Facebook Bocor, Pengguna Indonesia Berapa banyak ?

0
933
Facebook
copyright©poskota

Gawat, Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor, Kemkominfo Bakal Tindak Tegas !

Smeaker.ComFacebook akhirnya buka-bukaan mengenai penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh konsultan politik Cambridge Analytica. Dan nyatanya, jumlah data pengguna yang disalahgunakan untuk kepetingan politik tersebut jumlahnya lebih banyak ketimbang yang selama ini diberitakan.

Baca Juga : Biar Nggak Dimata-matai, Berikut Cara Cegah Facebook Memantau Akun Anda!

Dimana selama ini yang menyatakan ada sekitar 57 juta data pengguna Facebook yang menjadi korban penyalahgunaan, tampaknya angka tersebut masih jauh dibawah dari kenyataannya. Melansir dari sebuah pernyataan resmi Facebook di laman Facebook Newsroom, Kamis (4/4/2018), total dari keseluruhan informasi pengguna Facebook yang bocor sebanyak 87 juta.

[email protected]

Secara total, kami percaya bahwa ada 87 juta pengguna Facebook –paling banyak di Amerika Serikat– yang kemungkinan sudah dibagikan secara tidak layak oleh Cambridge Analytica,” kata Chief Technology Officer Facebook Mike Schroepfer. Parahnya, data pengguna Facebook Indonesia dan beberapa negara lain yang turut menjadi korban penyalahgunaan.

Baca Juga : Begini Nih Cara Cek Data Ponsel yang Diambil Facebook

Bahkan Indonesia memasuki ke dalam tiga besar negara yang menjadi korban. Dari hasil keterangan Facebook, ada sekitar 70,6 juta akun yang disalahgunakan yang berasal dari negara Amerika Serikat. Sedangkan untuk negara Filipina yang berada di posisi kedua dengan angka korban sebanyak 1,2 juta. Disusul posisi kektiga, 1,096 juta pengguna yang menjadi korban berasal dari Indonesia.

Sedangkan negara-negara ain yang turut menjadi korban yakni Inggris, Meksiko, Kanada, India,Brazil, Ustralia dan Vietnam. Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang mengungkapkan, penggunaan data yang tak patut dilakukan oleh Facebook atau penyelenggara sistem elektronik yang lain, dapat dikenakan pasar pelanggaran hukum, yang melanggat Peraturan Menteri kominfo mengenai Perlindungan Data Pribadi ataupun Undang-undang UU ITE.

Sanksinya bisa mulai dari sanksi administratif, sanksi hukuman badan sampai 12 tahun dan sanksi denda hingga Rp 12 miliar,” katanya. Untuk menangani kasus penyalahgunaan data Facebook tersebut, Kemkominfo yang mulai berkoordinasi dengan Kepolisian RI untuk menegakkan hukum yang berlaku.

Baca Juga : Cegah Facebook Akses Data Pengguna, Mozilla Luncurkan Fitur Baru Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here