Diterjang Masalah! Facebook Telah Dibenahi, Bagaimana dengan 2 Sosmed Lainnya?

0
1084
Facebook
Copyright©Liputan6

Facebook Berbenah Diri, Bagaimana Nasib WhatsApp dan Instagram?

Smeaker.comFacebook alias FB memang sudah melakukan pembenahan dengan pengaturan privasi di dalamnya, namuan bagaimana nasib dari kedua platform besar di bawahnya? Baru saja platform ini mengumumkan sejumlah perbaikan pengaturan privasi akun penggunanya, dan perubahan ini diharapkan bisa membantu para user untuk mempelajari lebih jauh lagi terkait data apa saja yang dimiliki oleh medsos tersebut, serta memudahkan pengguna untuk menghapusnya.

Tentu hal ini mampu menjadi langkah baik jika mengingat medsos buatan Mark Zuckerberg tersebut belum bisa dilepas sepenuhnya dari kasus penyalahgunaan data 50 juta penggunanya oleh Cambridge Analytica. Namun begitu, sepertinya Facebook lupa dengan dua platform lain yang dimilikinya, yakni Instagram dan WhatsApp.

Baca Juga : Terjadi Kebocoran Data, Facebook Kini Permudah Pengaturan Privasi!

Instagram sendiri juga merupakan aplikasi berbagi foto dan video dengan lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan, sementara WhatsApp merupakan penyedia layanan pesan singkat yang memiliki lebih dari 1,5 miliar user aktif tiap bulannya. Kedua platform tersebut tentu mampu mengumpulkan data dan jumlah user yang sama sekali tidak sedikit, tentu hal ini bisa menyebabkan blunder baru dari Facebook jika mereka memberikan perubahan berarti mengenai kebijakan privasi kedua anak perusahaannya tersebut.

copyright©onemore

Kebijakan Instagram sendiri belum mendapatkan pembaruan sejak 2013 yang menuliskan bahwa platform tersebut berhak untuk mengumpulkan foto, komentar dan berbagai hal yang diunggah penggunanya. Meski begitu, Instagram tidak memperbolehkan user untuk mengunduh setiap gambar yang sudah diunggah. Bahkan medsos ini juga bisa mengoleksi informasi situs yang diakses ketika menggunakan platform tersebut.

Sehingga dengan adanya hal tersebut tentu akan memungkinkan mereka menyajikan iklan berdasarkan ketertarikan pengguna terhadap sebuah merk atau bidang. Sementara WhatsApp, aplikasi ini sudah memberikan fitur enkripsi end-to-end pada tiap pesannya, sehingga menyulitkan pihak luar untuk melihat percakapan apa saja yang dilakukan.

Namun, berbeda dengan Facebook Messenger yang tidak menyimpan satu apapun pesan yang ditulis oleh penggunanya. Namun sayangnya kendali privasi user ini masih terbatas. Kebijakan dari WhatsApp mengatakan bahwa pihaknya berhak mengumpulkan kebijakan teman pengguna baik yang terdaftar di aplikasi maupun kontak ponsel. Ditambah user tidak dibolehkan untuk mengunduh informasi apa saja yang dikumpulkan WhatsApp dari penggunanya.

Baca Juga : Cegah Facebook Akses Data Pengguna, Mozilla Luncurkan Fitur Baru Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here