Cegah Facebook Akses Data Pengguna, Mozilla Luncurkan Fitur Baru Ini

0
370
copyright©digitaltrend

Mozilla Luncurkan Fitur Baru Bernama Facebook Container Untuk Lindungi Data Pribadi

Smeaker.com – Beberapa waktu ini Facebook telah dikabarkan mengakses data pengguna, hal ini menjadikan Mozilla meluncurkan fitur barunya di browser Firefox agar bisa membantu pengguna untuk memblokir Facebook dalam mengakses data pribadi penggunanya. Fitur yang dimaksudkan ini dijuluki sebagai “Facebook Container”.

Yang mana diketahui bahwa fitur baru “Facebook Container” ini mampu melindungi data pribadi anda dari Facebook. Yang artinya Facebook tidak bisa menggunakan aktivitas web anda untuk mengirimkan iklan. Saat anda memasang Facebook Container ini, maka ia akan menghapus Cookie Facebook dan mengeluarkan anda dari media social tersebut. Dan ketika anda membuka kembali Facebook, maka anda akan melihat centang berwarna biru.

Baca Juga : Update Firefox ke Versi 59, Mozilla Kini Bisa Blokir Iklan yang Mengganggu!

Hal ini seperti yang telah dikatakan oleh Product Lead for Firefox, Jeff Griffiths pada hari Kamis (29/03/2018) kemarin. “Containers adalah fitur yang dibangun di dalam platform Firefox yang memisahkan cookie pengguna dan data situs ke dalam tempat yang berbeda,” tuturnya.

copyright©shutterstock

Kendati demikian, dengan fitur yang diluncurkan Mozilla ini tidak bisa membuka aplikasi pihak ketiga dengan akun Facebook. Selain itu juga memungkinkan anda untuk tidak bisa memberikan komentar di situs yang menggunakan layanan Facebook. “Ini mencegah Facebook menggabungkan aktivitas anda di situs web di luar Facebook dengan identitas Facebook Anda,” tulis Mozilla dalam blog resminya.

Dan perlu diketahui bahwa Facebook dengan platform media social lainnya telah sering memanfaatkan data pengguna untuk digunakan kepentingan iklannya. Baru-baru ini Facebook juga mendapatkan sorotan pasalnya diduga telah membiarkan Cambridge Analytica menggunakan data dari 50 juta pengguna Facebook demi memenuhi kepentingan kampanye.

Sehingga, akhir dari kasus yang sempat ramai tersebut membuat CEO Facebook, Mark Zuckerberg harus meminta maaf dan mengucapkan janji untuk memperbaiki sistem facebook agar data pengguna lebih aman lagi. Dan pastinya kejadian semacam ini diharapkan tidak terjadi lagi demi menjaga keamanan data penggunanya. Selain itu, dengan adanya fitur baru ini diharapkan akan membantu melindungi data dengan aman.

Baca Juga : Mozilla Berikan Pembaruan Besar Untuk Firefox Android, Sudah Support FLAC Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here