Android P Developer Preview Tak Mendukung Nexus 5X/6P dan Pixel C, Mengapa?

0
259
copyright©droidpoin

Tak Bisa Rasakan Android P Developer Preview 1 Karena Masa Dukungan Berakhir

Smeaker.comNexus 5X dan Nexus 6P yang merupakan perangkat generasi terakhir dari seri ponsel Google Nexis yang dirilis pada tahun 2015 lalu, kini nampaknya sudah barada dalam akhir masa dukungan. Ya, benar kedua ponsel ini sudah berumur hampir 3 tahun dan Google sendiri juga telah mengatakan bahwa ponsel besutannya ini hanya akan mendapatkan dukungan selama kurang lebih 3 tahun termasuk 2 update besar Android.

Hal ini tentu tidak mengherankan jika pada versi Developer Preview 1 Android P, Google tidak mengikut sertakan perangkatnya yang bertajuk Nexus 5X dan 6P serta tablet Pixel C. Sehingga, hal ini juga menjadi sebuah pertanda bahwa akan ada kemungkinan besar untuk ketiga perangkat tersebut tidak akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak Android terbaru, seperti halnya dengan seri Nexus 5 dan Nexus 6 yang ketika perilisan Developer Preview 1 Android Nougat dan Oreo.

Baca Juga : Akankah Preview Android P Developer Bakal Meluncur Bulan Ini?

Dan perlu diketahui baha Google hanya akan menyediakan versi Developer Preview 1 Android P untuk perangkat besutannya yang bertajuk Google Pixel dan Google Pixel XL serta dengan perangkat Google Pixel 2 dan Pixel 2XL yang diketahui telah dirilis tahun kemarin.

copyright©PhoneArena

Akan tetapi, perlu disayangkan karena versi Developer preview 1 untuk Android baru ini hanya bisa didapatkan untuk dinikmati dengan cara flashing secara manual tanpa adanya program Android Beta seperti sebelumnya. Dan bagi anda yang mungkin belum mengetahui bahwa Android P Developer preview 1 ini akan hadir dengan membawa sejumlah fitur andalan, seperti di bawah ini:

  • Display cutout support (dukungan notch)
  • Multi-camera API (dukungan dual kamera dan lebih dari itu)
  • Notifikasi pesan yang lebih maksimal
  • Indoor positioning
  • Open Mobile API sebagai pembayaran via NFC
  • Data cost dan JobScheduler
  • ImageDecoder
  • Perubahan pada tampilan

Nah, dengan demikian bagi anda yang menggunakan perangkat Nexus 5X dan 6P serta Pixel C yang nantinya ingin menikmati Android P, nampaknya tidak akan bisa karena tidak akan mendapatkan update secara resmi dari Google dikarenakan dukungan untuk perangkat telah habis. Namun, jangan khawatir dulu karena banyak developer yang nantinya akan mempersiapkan custom ROM Android P untuk anda.

Baca Juga : Wiiih, Android P Bisa Ubah Smartphone Menjadi Keyboad atau Mouse Bluetooth, Seperti Apa ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here