Kopi Luwak Indonesia Mulai Ditiru Malaysia, Harus Segera Dipatenkan

0
2901
Komoditas Pangan Indonesia

Smeaker.comKopi luwak merupakan salah satu komoditas pangan Indonesia yang cukup populer dan banyak disukai para penikmat kopi. Tidak hanya di Indonesia saja, namun kesuksesan kopi luwak Indonesia telah menembus pasar internasional. Bahkan membuat negara lain tertarik untuk memproduksi biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak / musang kelapa.

Leman Pahlevi selaku Chairman Speciality Coffe Association of Indonesia menyatakan bahwa negara Malaysia mulai meniru dan mencontek Indonesia untuk memproduksi kopi luwak. Namun produksi kopi luwak di negara yang kerap kali mengklaim budaya Indonesia sebagai miliknya itu masih dalam skala produksi yang masih cukup kecil.

Dalam acara JIExpo (jakarta International Expo ) ini Leman menuturkan kopi Malaysia masih sedikit sehingga belum akan menyaingi Indonesia. Jadi tidak akan menjadi ancaman yang berarti bagi kopi luwak Indonesia. Dia juga menambahkan bahwa kopi luwak dapat saja diproduksi di negara manapun namun tentunya tergantung ketersediaannya hewan luwak pada habitatnya. Namun hal tersebut bukan hanya satu-satunya karena untuk menghasilkan kopi luwak berkualitas bukanlah mudah karena biji kopi yang diambil adalah menurut naluri luwak itu sendiri. Bukan biji kopi yang sudah memerah lalu dipetik seperti yang kita pikirkan.

Meskipun kopi luwak mulai ditiru Malaysia dan belum menjadi ancaman besar untuk komoditas pangan Indonesia, namun jika pemerintah tidak memproteksi mendukung produksi kopi luwak di Indonesia, bisa saja produk kopi luwak Indonesia terancam dan diklaim sebagai produk khas dari Malaysia seperti yang banyak terjadi di beberapa kebudayaan Indonesia. Pasalnya kopi luwak Indonesia belum dipatenkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, kopi luwak menjadi kopi yang paling mahal di dunia. Harga biji kopi luwak mencapai US$200 per kilogramnya (kg) atau dalam rupiah mencapai Rp 2.4 juta per kilogramnya (kg).

Untuk itu diharapkan pemerintah untuk segera memberikan proteksi akan hal tersebut dengan cara mematenkan kopi luwak Indonesia. mengingat Malaysia mulai meniru kopi luwak Indonesia. Untuk kita ketahui citra rasa tinggi dari kopi luwak yang populer ini dikarenakan proses fermentasi biji kopi ketika dimakan didalam perut hewan Luwak dan dikeluarkan bersamaan dengan kotorannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here